Breaking News:

Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya untuk Kambing, Efektif Hambat Perkembangan Parasit

Simak selengkapnya manfaat daun pepaya untuk kambing yang ternyata efektif hambat perkembangan parasit bahkan mampu menaikkan bobot kambing.

Penulis: Virginia Swastika | Editor: Noval Andriansyah
Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Ilustrasi daun pepaya. Simak selengkapnya manfaat daun pepaya untuk kambing yang ternyata efektif hambat perkembangan parasit bahkan mampu menaikkan bobot kambing. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Selain bermanfaat sebagai makanan, tak banyak yang tahu bahwa manfaat daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai pakan ternak kambing.

Bahkan menurut penuturan Joko Daryatmo, S.Pt., M.P., selaku staf pengajar Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang, daun pepaya efektif dalam menghambat perkembangan parasit pada kambing.

Pasalnya suplementasi daun pepaya diketahui memiliki potensi anti parasit yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan daun singkong.

Saat dilihat dari jumlah penurunan telur cacing dan oosista koksida dalam feses ternak juga menunjukkan perubahan.

Pakan ternak yang diberi tambahan daun pepaya menyebabkan turunnya jumlah parasit, yakni sebesar 10-15%.

Tak hanya itu, manfaat daun pepaya untuk pakan ternak juga ternyata bisa menaikkan bobot kambing sekitar 40%.

Baca juga: Khasiat Daun Pepaya, Bantu Obati Penyakit Hati

Pendapat Joko Daryatmoto itu muncul seusai ia melakukan penelitian untuk disertasinya yang berjudul "Potensi Nutrisi Berbagai Bahan Pakan Hijauan yang Mengandung Tanin dan Efektivitasnya Sebagai Anti Parasit dalam Mendukung Kinerja Ternak Kambing Bligon" pada 2010 silam.

Penelitian itu dilakukan tak lain adalah untuk mengetahui potensi nutrisi dan efektivitas berbagai tanaman hijauan pakan ternak yang mengandung tanin sebagai anti parasit dalam mendukung kinerja ternak kambing di negara tropik khususnya Indonesia.

Diketahui terdapat 19 bahan pakan hijauan digunakan sebagai materi penelitian tahap pertama, untuk mengidentifikasi hijauan pakan yang mengandung tanin serta mengevaluasi potensi nutrisinya.

Selanjutnya di tahap kedua, tercatat ada setidaknya 15 bahan pakan hijauan yang dipakai untuk mengetahui efektivitasnya sebagai anti parasit.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved