Breaking News:

Berita Terkini Nasional

Fakta Video Viral Penampakan Bola Api Misterius di Langit Sumedang

Warga Sumedang Jawa Barat digegerkan benda misterius berupa bola api yang melayang di atas langit pada malam hari.

Penulis: Wahyu Iskandar | Editor: Heribertus Sulis

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Warga Sumedang Jawa Barat digegerkan benda misterius berupa bola api yang melayang di atas langit pada malam hari.

Banyak spekulasi yang berkembang bahkan dikaitkan dengan hal mistris.

Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN Sumedang, Aries Kurniawan mengungkap soal benda misterius yang terjadi di langit kawasan objek wisata Cipanas Cileungsing di Desa Cileungsing, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

"Bukan, kejadian tersebut dipastikan bukan tanda-tanda benda jatuh antariksa atau meteor," kata Aries Kurniawan kepada TribunJabar.id saat dihubungii melalui pesan singkat, Kamis (157/2021).

Fenomena tersebut, lanjut Aries, sebelumnya pernah terjadi juga di Jawa Timur, dan ternyata itu kejadian alam buatan dari balon udara atau Lampion.

Baca juga: Viral Penampakan Bola Api di Sumedang, Warga Geger: Enggak Tahu Itu Makhluk Apa

"Itu seperti lampion, karena gambarnya tidak jelas," ucapnya.

Kemunculan benda misterius itu viral di media sosial. Warga mengaitkannya dengan beragam spekulasi. Seperti meteor hingga bola api.

"Kalau dari balon udara pasti akan berbahaya jika jatuh menimpa orang, atau benda yang ada di bawahnya, seperti halnya yang sering terjadi menimpa kawat listrik tegangan tinggi," turur Aries, menambahkan.

Meski begitu, kata Aries, untuk lebih memastikannya, harus ditelusuri di tempat kejadian.

Menurutnya, apakah ada yang menerbangkan balon udara atau tidak, karena kami hanya bisa mengamati dari fenomena antariksa dan penelusuran benda jatuh antariksa.

"Jika benda antariksa atau meteor yang jatuh akan tampak beberapa buah dalam 1 jam, dan tampak berasal dari 1 titik di langit. Selain itu, kata dia, akan bergerak sangat cepat, tampak kurang dari 10 detik," katanya.

Diberitakan sebelumnya, penampakan benda misterius mirip bola api gegerkan warga Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang diterima TribunJabar.id, peristiwa tersebut terjadi di langit kawasan objek wisata Cipanas Cileungsing di Desa Cileungsing, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang pada Selasa (13/7/2021) sekira pukul 18.30 WIB.

Fenomena tersebut sempat diabadikan warga. Di dalam video amatir berdurasi kurang lebih 27 detik itu terlihat bola api berwarna merah jatuh ke bawah. Video tersebut diunggah di group facebook "Aku Cinta Sumedang" oleh akun Andi Andi. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Penjelasan Lapan soal Benda Misterius Mirip Bola Api Melayang di Langit Sumedang

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved