Breaking News:

Tanggamus

Tingkat Partisipasi Rendah, KPU Lampung Bentuk DP3 di Tanggamus

Pembentukan DP3 tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilu di Kabupaten Tanggamus akibat tingkat partisipasi rendah.

Penulis: kiki adipratama | Editor: soni
dokumentasi
Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami saat melaksanakan Penendatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus tentang Penyelenggaran Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3) Bagi Masyarakat di Kabupaten Tanggamus, secara daring, Rabu (25/08/2021).   

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG- KPU Provinsi Lampung membentuk Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Kabupaten Tanggamus.

Pembentukan DP3 tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilu di Kabupaten Tanggamus akibat tingkat partisipasi rendah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami saat melaksanakan Penendatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus tentang Penyelenggaran Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3) Bagi Masyarakat di Kabupaten Tanggamus, secara daring, Rabu (25/08/2021).

"Di Provinsi Lampung sendiri kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus dengan pertimbangan berdasarkan
Daerah Dengan Partisipasi Rendah Pada Pemilu Tahun 2019 yaitu 76,28%," kata Erwan Bustami.

Baca juga: Penyederhanaan Surat Suara, KPU Lampung Arahan Pusat

Selain itu menurut Erwan, pertimbangan lain yaitu Kabupaten Tanggamus tidak terlalu jauh dari Kantor KPU Provinsi Lampung dan tidak melaksanakan Pemilihan Tahun 2020.

Dua lokus tersebut yaitu di dusun 4, Pekon Gunung Kasih, Kecamatan Pugung dengan Partisipasi 42,79% dan di dusun 4, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Gunung Alip dengan partisipasi 49,46%.

Sementara itu Bupati Tanggamus, Dewi Handajani Menyambut baik dan menyatakan koitmen mendukung pelaksanakana program DP3 di Kabupaten Tanggamus.

Dia meminta perangkat daerah terkait untuk dapat bersinergi dengan KPU.

"Melalui program DP3 beliau berharap mekanisme pemilihan dapat disosialiskan sampai tingkat RT dan RW," kata Dewi Handjani.

Dia juga telah meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dapat menindak lanjuti MOU melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS), sehingga manfaat Program DP3 benar-benar dirasakan oleh masyarakat kabupaten tanggamus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved