Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Metro

Universitas Terbaik di Sumatera UM Metro Umumkan Dosen, Prodi, Fakultas dan Unit Terbaik 2020/2021

Laporan Evaluasi Akademik dan Nonakademik dan Pembagian SK Perkuliahan menjadi kegiatan biannual bagi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro. Kegiatan

ist
Laporan Evaluasi Akademik dan Nonakademik dan Pembagian SK Perkuliahan menjadi kegiatan biannual bagi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro. Kegiatan ini menjadi ajang pemberian penghargaan bagi beberapa pihak yang memiliki kinerja terbaik mulai untuk kategori dosen, pengelolaan program studi hingga pengelolaan fakultas. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - UM Metro Laporan Evaluasi Akademik dan Nonakademik dan Pembagian SK Perkuliahan menjadi kegiatan biannual bagi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro. Kegiatan ini menjadi ajang pemberian penghargaan bagi beberapa pihak yang memiliki kinerja terbaik mulai untuk kategori dosen, pengelolaan program studi hingga pengelolaan fakultas.

Kali ini laporan evaluasi semakin meluas yang mana kategori mulai diperbanyak. Jika sebelumnya, pemberian apresiasi atau penghargaan hanya berdasarkan kalkulasi dari penerapan catur dharma perguruan tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, dan AIK), di tahun ini laporan evaluasi mulai merambat ke pengelolaan laporan keuangan, dan laporan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan OPR dan stimulus Rektor.

Tentunya, penambahan kategori ini berhasil mengundang lebih banyak pihak yang menerima penghargaan. Penasaran siapa saja mereka? Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Nyoto Suseno, M.Si. menyebutkan setidaknya terdapat 21 penghargaan yang diberikan pada dosen, program studi dan fakultas dengan kinerja terbaik berdasarkan hasil audit internal kinerja dosen T.A. 2020/2021 pada Rabu, 01 September 2021 di Aula Gedung E kampus setempat.

Menurutnya dosen dengan kinerja terbaik di urutan pertama adalah Dr. Agus Sutanto, M.Si. dengan perolehan total skor 92,55 berdasarkan catur dharma perguruan tinggi. Selanjutnya disusul Dr. Hening Widowati, M.Si. di urutan kedua dengan total skor 92,20. Keduanya hanya dipisahkan dengan rentang skor yang sangat tipis yakni 0,35. Sementara di posisi ketiga diraih Rina Agustina, M.Pd. dengan skor 91,34.

Nyoto melanjutkan, untuk peringkat Pengelolaan Program Studi dipetakan ke dalam lima kategori, yang pertama kategori Prodi Terbaik bidang Catur Dharma yang menempatkan Prodi S2 Pendidikan Biologi di peringkat pertama, lalu Prodi S1 Pendidikan Matematika di posisi kedua, dan Prodi S1 Pendidikan Biologi di posisi ketiga.

Kategori berikutnya yakni Prodi Terbaik bidang Pendidikan dan Pengajaran yang juga masih menjadikan Prodi S2 Pendidikan Biologi di posisi pertama, disusul Prodi S1 Pendidikan Matematika di posisi kedua, dan Prodi S1 Ilmu Komputer di posisi ketiga.

“Lalu untuk kategori Prodi Terbaik bidang Penelitian, nilai tertinggi yang pertama masih dipegang Prodi S2 Pendidikan Biologi, kemudian Prodi S1 Pendidikan Matematika, dan yang terakhir Prodi S1 Pendidikan Biologi,” kata Nyoto.

Sedangkan untuk kategori Prodi Terbaik bidang Pengabdian, peringkat satu kali ini dipegang Prodi S1 Pendidikan Matematika, lalu Prodi S2 Pendidikan Biologi, dan S1 Pendidikan Ekonomi di peringkat ketiga. “Terakhir kategori Prodi Terbaik Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan diraih oleh Prodi S1 Pendidikan Matematika, lalu Prodi S2 Pendidikan Biologi, dan S2 Administrasi Pendidikan,” tukasnya.

Lebih lanjut, Nyoto juga memaparkan peringkat Fakultas dengan kinerja terbaik catur dharma di mana peringkat 1 berhasil disabet oleh Program Pascasarjana, kemudian disusul Fakultas Ilmu Komputer yang berhasil bertengger di peringkat kedua. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Di sesi berikutnya, Wakil Rektor 2 bidang Keuangan dan Umum Suyanto, S.E., M.Si., Akt., CA., ACPA., CRA. menerangkan bahwa UM Metro belum lama ini baru saja meraih opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Menurutnya hal ini tak terlepas atas penyerapan dan pengelolaan pagu dari fakultas dan unit atau lembaga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved