Breaking News:

UMKM Lampung

Melongok Proses Pembuatan Produk Kopi Robusta Wawai Lampung di Lampung Timur

Produk Kopi Robusta Wawai Lampung, berada di 38 B, Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Penulis: Yogi Wahyudi | Editor: soni
tribun lampung / yogi wahyudi
Pemilik Produk Kopi Robusta Wawai Lampung, Hamka saat diwawancarai di Kedainya, Senin (6/9/2021). Menilik Proses Pembuatan Produk Kopi Robusta Wawai Lampung di Lampung Timur 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TIMUR - Produk Kopi Robusta Wawai Lampung, berada di 38 B, Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Produk Kopi ini memiliki beberapa tahap proses pembuatan untuk menjadi kopi tubruk Robusta ataupun Espresso, Vietnam Drift dan lainnya.

Pemilik Produk Kopi Robusta Wawai Lampung, Hamka menuturkan, produk kopi miliknya ini diambil langsung dari petaninya di Lampung Barat.

"Kita langsung ambil biji kopi Robusta ini dari petaninya yang ada di Lampung Barat, tepatnya di Bukit Pesagi," ujar Hamka saat diwawancarai di Kedainya, Senin (6/9/2021).

Hamka berbagi cerita tentang proses pembuatan produk kopinya mulai dari pemilihan biji kopi sampai penggilingan.

Baca juga: Novia Sari Tawarkan Produk Kopi Robusta Asli Gunung Sekincau, Lampung Barat

"Setelah kita ambil dari petani kopi, kita melakukan pemilihan biji kopi yang bagus dan premium, Setelah itu proses pengeringan sampai menuju proses Roasting (Penggorengan Kopi)," katanya.

Menurutnya, roasting ini terbagi menjadi dua, yakni yang pertama untuk menjadi produk Kopi Tubruk Robusta dan yang kedua untuk dijadikan menu kedainya seperti Espresso dan lainnya.

"Yang pertama itu dari roasting langsung giling halus untuk jadi kopi TubrukRobusta. Setelah diroasting, kita pilih lagi kopi yang terbaik untuk mendapatkan kelembutan kopi (soft) dan digiling halus lagi untuk diseduh nantinya dan ada yang langsung dikemas, inilah produk Kopi Robusta Wawai Lampung," ungkap Hamka.

"Untuk yang kedua, hasil dari roasting langsung dibawa di kedai dan proses penghalusan biji kopi secara langsung sebelum penyeduhan, biasanya ini untuk kopi Espresso, Vietnam Drift, Cappucino, Latte, Mochachino," lanjutnya.

Hamka mengatakan, untuk produk Kopi Robusta Wawai Lampung sendiri, diberikan harga yang cukup terjangkau.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved