Breaking News:

CPNS 2021

BKN: Hasil Tes SKD CPNS 2021 Bisa Dilihat Melalui YouTube

Kepala Kanreg V BKN Julia Leli Kurniatri mengatakan, dari tahun ke tahun pihaknya terus melakukan peningkatan sistem Computer Assited Test (CAT).

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
Ilustrasi - BKN: Hasil Tes SKD CPNS 2021 Bisa Dilihat Melalui YouTube 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Kepala Kanreg V Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Julia Leli Kurniatri mengatakan, dari tahun ke tahun pihaknya terus melakukan peningkatan sistem Computer Assited Test (CAT) yang menjadi metode dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) supaya menghindari aksi kecurangan.

"Kelebihan tes SKD dengan CAT ini kan transparasinya. Kalau dulu, orang harus ke lokasi tes untuk melihat hasilnya. Sekarang bisa melihat nilainya dari mana saja melalui YouTube," ujar Julia disela-sela kunjungannya di Kampus ITERA untuk mengecek persiapan tes SKD, Selasa (14/9/2021).

Julia mengungkapkan, ada yang berbeda pada pelaksanaan tes CPNS tahun ini.

BKN menggunakan Face Recognition atau alat pendeteksi wajah bagi para peserta.

"Belajar dari pelaksanaan SKD sebelumnya, BKN menghindari adanya kecurangan di antara peserta seleksi. Salah satu kecurangan yang biasanya terjadi adalah calo ujian CPNS," kata Julia.

"Bermula dari keluhan banyaknya joki-joki. Sekarang kita ada pendeteksi wajah. Jadi yang melakukan registrasi di depan, itulah yang bisa masuk ke ruang tes. Kita pastikan yang ikut tes orang yang sama saat mendaftar CPNS," terangnya.

Julia menambahkan tahun ini peserta tes wajib dicek suhu tubuhnya, itu merupakan bagian dari protokol kesehatan seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

Julia menyebut peserta dengan suhu tubuh diatas 37,3 derajat akan mengikuti tes di ruangan terpisah dengan peserta lain.

"Yang sehat ada ruangannya, yang saat ini hadir tetapi suhu badannya diatas 37,3 derajat kita juga sediakan ruangan khusus," ujarnya.

"Kalau yang hadir ada yang positif kita juga sediakan ruang terbuka. Bahkan kalau ada yang positif Covid-19 kita jadwal ulang," ungkapnya.

"Jadi kita benar-benar memberikan fasilitas yang sama untuk semua warga masyarakat yang mengikuti CPNS," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved