Breaking News:

Tulangbawang

Jalan Tembus yang Dibangun TNI di Dente Teladas Lampung Dipasang Bronjong

Perkuat hasil pembangunan jalan, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0426 Tulangbawang memasang bronjong. 

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
dokumentasi
Jalan Tembus yang Dibangun TNI di Dente Teladas Lampung Dipasang Bronjong 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Perkuat hasil pembangunan jalan, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0426 Tulangbawang memasang bronjong. 

Bronjong yang terbuat dari kayu dan karung yang diisi tanah itu, di pasang disisi kanan dan kiri jalan Kampung Gunung Tapa Ilir, Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulangbawang

"Tujuannya untuk mengendalikan erosi dan mengamankan jalan," ungkap Babinsa Kampung Gunung Tapa Ilir, Kecamatan Gedung Meneng, Sersan Dua (Serda) Saleh, Minggu, 3 Oktober 2021.

Menurut Saleh, di lokasi itu terdapat dua kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021 yakni pembukaan badan jalan baru sepanjang 1000 meter lebar 12 meter dan pembuatan gorong-gorong plat beton dengan volume panjang 2 meter dan lebar 7 meter. 

Baca juga: TMMD Ke-112, Kodim 0426/Tulangbawang Lampung Bangun Akses Jalan Penghubung Dua Kampung

Bronjong terbuat dari karung yang diisi tanah. Agar tidak longsor brondong dikunci dengan kayu gelam. 

"Agar posisi bronjong stabil dan tidak lari, pancangan diberikan pada tingkat bronjong yang paling bawah dengan jarak pancang sekitar 1 meterean. Kegunaan bronjong untuk menahan timbunan baru atau melindungi tebing dari aliran air," cetusnya. ( Tribunlampung.co.id / endra zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved