Breaking News:

Tanggamus

Kades di Tanggamus Lampung Serobot Lahan Warga, Berakhir Damai Setelah Rembuk Pekon

Hal itu lantas membuat Suyanto melaporkan Suroyo dengan dugaan penyerobotan lahan sawah miliknya ke Polres Tanggamus pada pekan lalu.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Rembuk Pekon Sidodadi, Kecamatan Semaka untuk menyelesaikan sengketa penyerobotan lahan sawah, Senin (4/10/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polsek Semaka, Polres Tanggamus bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Semaka dan para tokoh masyarakat memfasilitasi penyelesaian sengketa tanah di Pekon Sidodadi, Senin (4/10/2021).

Perkara ini menyebabkan perselisihan antara warga dengan Kepala Pekon (Desa) Sidodadi Suroyo.

Dari pihak warga yakni Suyanto, Boiman, dan Sudomo dengan Kepala Pekon Sidodadi Suroyo.

Hal itu terkait penambahan dan pelebaran badan jalan di persawahan yang diduga memakan sebagian lahan milik Boiman, Suyanto, dan Sudomo atas perintah Suroyo.

Baca juga: Heboh Tembok 3 Meter Tutup Jalan di Bandar Lampung, Lurah Tegaskan Itu Lahan Pribadi

Hal itu lantas membuat Suyanto melaporkan Suroyo dengan dugaan penyerobotan lahan sawah miliknya ke Polres Tanggamus pada pekan lalu.

Lantas upaya penyelesaian perkara tersebut dilaksanakan melalui rembuk pekon di Balai Pekon Sidodadi dihadiri oleh Suyanto selaku pelapor beserta keluarganya, Kakon Suroyo, para tokoh Pekon Sidodadi, Camat Semaka Wiwin Triani, dan Kanit Binmas Polsek Semaka Bripka Muttohar.

Hasil rembuk pekon telah sepakat diselesaikan secara kekeluargaan, masing-masing pihak saling memaafkan, berjanji tidak akan ada lagi permasalahan yang timbul serta pelapor akan mencabut laporannya di Polres Tanggamus.

Menurut Kapolsek Semaka AKP Ketut Gister, rembuk pekon dilaksanakan di balai pekon setempat dengan menghasilkan sejumlah poin kesepakatan antara kedua pihak.

"Hasil rembuk pekon kedua pihak sepakat berdamai secara kekeluargaan," kata Ketut, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Baca juga: Polemik Sengketa Lahan Rocky Gerung vs Sentul City, Rocky Dapat 2 Somasi

Ia menambahkan, rembuk pekon dilakukan guna menyelesaikan permasalahan terkait penambahan atau pelebaran badan jalan persawahan yang memakan sebagian lahan milik Boiman, Suyanto dan Sudomo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved