Breaking News:

Lampung Selatan

Menjawab Tantangan Era Disrupsi, Itera Munculkan Ragam Program Studi Unggulan

Institut Teknologi Sumatera (Itera) terus melakukan beragam terobosan di berbagai bidang seiring usianya yang menginjak tujuh tahun.

Screenshot Youtube Itera
Institut Teknologi Sumatera (Itera) terus melakukan beragam terobosan di berbagai bidang seiring usianya yang menginjak tujuh tahun. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Institut Teknologi Sumatera (Itera) terus  melakukan beragam terobosan di berbagai bidang seiring usianya yang menginjak tujuh tahun.

Dukungan banyak pihak juga mengalir untuk mewujudkan Itera sebagai center of excellence (pusat keunggulan).

Presiden Joko Widodo mengatakan, di era disrupsi Itera mempunyai peluang besar sebagai perguruan tinggi negeri baru dalam mengembangkan beragam cara dan strategi baru. 

Jokowi menilai, bagi perguruan tinggi yang sudah berumur lebih dari setengah abad, kini mereka tengah berjuang untuk meremajakan diri dalam menghadapi disrupsi. 

"Sedangkan Itera masih remaja, bisa langsung berinovasi dengan strategi-strategi barunya,” ujar Jokowi dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke- 7 tahun Itera yang mengusung tema Karya Cipta, Jasa Mulia, secara virtual, Rabu (6/10/2021).  

Jokowi berharap Itera dapat terus mengembangkan strategi baru yang lebih taktis, efektif, dan efisien. "Manfaatkan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, manfaatkan education technology (teknologi pendidikan) agar mahasiswa bisa belajar kepada siapa dan tentang apa saja," sambungnya.

Jokowi juga meminta Itera melakukan kerjasama besar-besaran dengan pelaku-pelaku industri dalam mengembangkan inovasi dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Tak cukup sampai disitu, Itera juga didorong untuk mendidik mahasiswa dalam menyongsong pekerjaan masa depan atau future job yang terus dinamis dan berubah. "Selamat berkarya Itera untuk kemajuan Indonesia,” kata Jokowi.

Rektor Itera Prof Mitra Djamal membeberkan, menjawab ragam tantangan yang ada, Itera bahkan saat ini sedang mengajukan pendirian enam program studi (prodi) baru yang sifatnya kepeloporan di Indonesia.

Enam prodi baru yang tengah diusulkan adalah Prodi S1 Teknik Instrumentasi dan Kontrol, Prodi S1 Teknik Penyediaan dan Tata Kelola Air, Prodi S1 Teknik Industri Kepariwisataan, Prodi S1 Teknik Produksi dan Industri Migas, Prodi S1 Teknologi Kosmetik, dan Prodi S1 Ilmu dan Teknologi Keolahragaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved