Breaking News:

Apa Itu

Apa itu Cerita Fiksi dan Contohnya

Cerita fiksi banyak digemari oleh kaum muda. Namun apa itu cerita fiksi dan apa saja contoh cerita fiksi? Berikut penjelasan selengkapnya.

Penulis: Virginia Swastika | Editor: Kiki Novilia
Tribunnews.com
ilustrasi Apa itu Cerita Fiksi dan Contohnya 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Dalam bahasa Indonesia, terdapat istilah cerita fiksi. Tulisan ini pun banyak digemari oleh kaula muda. Lalu, apa itu cerita fiksi?

Bila dilihat secara terpisah, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan fiksi sebagai rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan.

Dalam buku Analisis Fiksi (2012) oleh F. Aziez dan Abdul Hasim, katafiksi (fiction) berasal dari bahasa latin fictum yang artinya membentuk, membuat, mengadakan, dan menciptakan.

Sementara dalam bahasa Indonesia, kata fiksi diartikan sesuatu yaang dibentuk, sesuatu yang dibuat, atau sesuatu yang diimajinaksikan.

Dengan kata lain, cerita fiksi adalah cerita rekaan atau kisah khayalan.

Baca juga: Apa Itu Tata Surya dalam Pelajaran IPA

Umumnya cerita fiksi berisikan berbagai masalah kehidupan manusia dengan lingkungan, seperti antarsesama manusia, dengan dirinya sendiri, bahkan dengan Tuhan.

Cerita jenis fiksi berdasarkan daya imajinasi sang pengarang dan dibuat untuk menjadi hiburan semata.

Penulisan cerita ini pun dibuat berdasarkan pandangan, tafsiran, pemikiran, dan penilaian pengarang mengenai peristiwa-peristiwa yang ada di sekelilingnya.

Meski cerita rekaan atau imajinatif, cerita fiksi tetap menyajikan latar belakang dan suasana yang nyata. Baik dalam penulisan nama kota, watak, dan tema yang diangkat.

Ciri-ciri cerita fiksi

Baca juga: Apa Itu Aljabar dalam Matematika

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved