Tanggamus

Pemkab Tanggamus Lampung Masih PPKM Level III, Capaian Vaksinasi Covid-19 Masih Rendah

Dinas Kesehatan Tanggmus mengaku penyebab status level III PPKM untuk kabupaten tersebut, karena capaian vaksinasi masih rendah.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Dedi Sutomo
tribun lampung/Tri Yulianto
Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemkab Tanggamus bersama PIM dan OJK Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Kesehatan Tanggmus mengaku penyebab status level III Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk kabupaten tersebut, karena capaian vaksinasi masih rendah.

Menurut Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Bambang Sutejo, saat ini penentuan level PPKM bukan hanya pada jumlah kasusnya tapi capaian vaksinasi Covid-19.

"Status itu bukan karena kasusnya tapi capaian vaksinasi. Sebab sekarang indikator PPKM memasukkan capaian vaksinasi," kata Bambang, Kamis (21/10/2021).

Ia mengaku, untuk kasus saat ini di Tanggamus sudah rendah. Begitu juga tingkat penularannya dan kematian. Sehingga dari segi kasus sudah termasuk melandai.

Namun, vaksinasi harus ditingkatkan. Dimana, di dalamnya ada sasaran bagi warga lanjut usia. Di Tanggamus untuk sasaran itu masih sangat rendah.

Baca juga: Pedagang Lama Pasar SMEP Bandar Lampung Sempat Keluhkan Pembagian Kios dan Lapak Emperen

"Jadi untuk vaksin juga bukan sekedar capaian, tapi ada pertimbangan sasaran vaksin. Dan di Tanggamus sasaran vaksin bagi lansia masih rendah," terang Bambang. 

Untuk itu, kini strategi vaksinasi dirubah. Kini vaksinasi diadakan keliling ke tiap pekon. Bukan lagi dipusatkan di puskesmas. Ini berbeda dari yang selama ini.

"Kalau kami menggelar vaksinasi di pekon-pekon maka sasaran lansia bisa mendapatkan vaksin. Tapi kalau hanya di puskesmas sasaran lansianya kurang," ujar Bambang. 

Dengan adanya vaksinasi keliling ke pekon-pekon, sasaran lansia juga jadi prioritas. Dengan datang ke pekon bisa tahu langsung lansia dan diprioritaskan divaksin. 

Hal ini karena lansia masuk kategori warga rawan terpapar Covid-19. Sekaligus jadi golongan dengan tingkat terparah saat terpapar covid. Maka pemerintah pusat menginstruksikan agar lansia harus divaksin.

Baca juga: Bupati Pringsewu Lampung Sujadi Saddat Hadiri APKASI Otonomi Expo (AOE) 2021

"Nantinya bergiliran lokasi-lokasi pekon tempat vaksinasi. Jadi makin mudah mendapatkan sasaran lansianya," terang Bambang.

Selanjunya tiap lokasi pekon vaksinasi kini ditargetkan rata-rata 500 sasaran. Hal itu didasari stok vaksin yang ada di tiap puskesmas.

Dengan indikator vaksinasi, maka itu yang kini jadi fokus penanganan Covid-19. Sebab dengan capaian vaksinasi tinggi maka jumlah penularan akan rendah, begitu juga sebaliknya. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved