Lawan Covid19

Hampir 100 Persen, BRI Paparkan Realisasi Penyaluran Dana PEN 2021

Pemerintah hingga saat ini masih menyalurkan beragam bantuan sosial untuk masyarakat. Di antaranya, untuk kategori pelaku UMKM.

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Ilustrasi BRI. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah hingga saat ini masih menyalurkan beragam bantuan sosial untuk masyarakat. Di antaranya, untuk kategori pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga kategori perlindungan sosial.

Bantuan bertujuan untuk memulihkan perekonomian nasional imbas pukulan pandemi Covid-19.

Dalam penyalurannya, Pemerintah memberikan amanah kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), salah satunya Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari menjelaskan, sejak krisis pandemi Covid-19 yang dimulai akhir maret 2020, Perseroan telah menjadi mitra utama pemerintah dalam penyaluran program-program pemulihan ekonomi.

Berdasarkan catatan Supari, seluruh penyaluran program pemulihan ekonomi (PEN) di BRI telah terealisasi di atas 90 persen dari target.

Baca juga: Rumah Kreatif Lampung Barat Bakal Gelar Diskusi dan Sharing Tentang UMKM

Untuk di BRI, terdapat dua sektor yang diperankan Perseroan dalam penyaluran bantuan dari Pemerintah. Yaitu untuk sektor UMKM, dan juga sektor perlindungan sosial.

Untuk bantuan sektor UMKM, bentuknya adalah Banpres produktif usaha mikro (BPUM) serta subsidi bunga.

"BPUM Tahun 2020 kita telah menyalurkan hampir 8,7 juta (penerima manfaat) dan sukses 100 persen. Untuk tahun 2021 sampai dengan hari ini sudah mencapai 10,2 juta penerima dengan capaian 100 persen telah tersalurkan," ucap Supari dalam diskusi FMB9, Jumat (5/11/2021).

Iklan untuk Anda: Ratusan orang berbaris untuk menerima jam tangan replika rolex - diskon 90%
Advertisement by

Kemudian lanjut Supari, bantuan sektor UMKM yang kedua adalah tambahan subsidi bunga.

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Jakarta, Jumat (17/9/2021). Guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah menargetkan penyaluran kredit UMKM dapat mencapai Rp 2.000 triliun di tahun 2024. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Di mana pada tahun 2020, BRI telah menyalurkan bantuan tersebut kepada hampir 6 juta penerima manfaat dengan nilai Rp5 triliun lebih.

Dan tahun ini BRI telah menyalurkan ke hampir 4,7 juta penerima manfaat dengan nilai Rp1,1 triliun.

BRI juga mendapatkan mandat penyaluran bantuan Pemerintah untuk sektor perlindungan sosial.

Supari menjelaskan, ada tiga kategori yang digarap oleh BRI.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved