Breaking News:

Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya, Bisa Membantu Sembuhkan Luka Bakar pada Kelinci

Daun pepaya dikenal memiliki banyak manfaat. Tak hanya bagi manusia, tetapi juga pada hewan peliharaan. Seperti menyembuhkan luka bakar pada kelinci.

Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Ilustrasi daun pepaya. Manfaat Daun Pepaya, Bisa Membantu Sembuhkan Luka Bakar pada Kelinci. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Daun pepaya dikenal memiliki banyak manfaat. Tak hanya bagi manusia, tetapi juga pada hewan peliharaan.

Diantara beberapa manfaat dari daun pepaya bagi hewan peliharaan, dapat menyembuhkan luka bakar pada hewan kelinci.

Manfaat daun yang memiliki cita rasa pahit ini, pernah dibahas dalam riset ilmiah Prodi Apoteker dan Farmasi STF YPIB Cirebon pada tahun 2021.

Dalam riset yang berjudul Uji Efektivitas Gel Ekstrak Daun Pepaya terhadap Luka Bakar pada Kelinci Jantan, daun pepaya diolah menjadi gel yang dapat dioleskan ke kulit kelinci.

Kegunaan atau manfaat daun pepaya untuk kesehatan kelinci itu dapat terjadi berkat adanya kandungan senyawa antikanker, seperti saponin, alkaloid, polifenol, tanin, dan flavonoid.

Baca juga: Kegunaan Daun Pepaya, Membantu Mengatasi Bakteri dan Jamur yang Menyerang Ikan Lele

Disebutkan Harborne (1987), senyawa aktif flavonoid dan polifenol berperan dalam menjadi antiseptik.

Sementara Suratman et al dalam Septiningsih (2009) berpendapat saponin merupakan senyawa yang mendorong pembentukan kolagen, yang berperan dalam penyembuhan luka.

Robinson dalam Septaningsih (2009) juga mengatakan saponin memiliki kemampuan pembersih sehingga efektif untuk menyembuhkan luka terbuka.

Hal itulah yang kemudian menjadi alasan di balik manfaat daun pepaya yang dinilai dapat sembuhkan luka bakar pada kelinci, khususnya kelinci jantan.

Simak juga khasiat daun pepaya lainnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved