Breaking News:

Bandar Lampung

Tunggu Juknis dari Pemerintah Pusat, Pemprov Lampung Telah Siapkan Anggaran Pemilu 2024

Pemerintah Provinsi Lampung telah menyediakan anggaran untuk pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 mendatang.

Penulis: Bayu Saputra | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Ilustrasi Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan. Tunggu juknis dari Pemerintah Pusat, Pemprov Lampung telah siapkan anggaran Pemilu 2024 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung telah menyediakan anggaran untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan dalam Rakor Evaluasi Pilkada 2020 dan Proyeksi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Provinsi Lampung di Novotel, Jumat (19/11/2021). 

Menurutnya, saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis), tapi pemprov telah menyediakan anggaran untuk pemilu 2024.

“Regulasi untuk apanya dan berapanya anggaran itu belum ada atau belum final,” kata dia.

Mengantisipasi keluarnya juknis untuk alokasi dan besaran anggaran yang harus disiapkan dari pusat, Pemprov Lampung menyediakan anggarannya.

Baca juga: 20 Hari Latihan di Waduk Way Sekampung, Tim Dayung Lampung Bertolak ke KSAL Cup 2021

Peran Pemprov Lampung, lanjutnya, menjaga stabilitas politik dan keamanan. Menurut Qodratul, KPU dan Bawaslu bagian dari penyelenggara.

“Kita siap menjaga stabilitas politik dan keamanan, " tegas Qodratul.

Ia menambahkan, tahun politik cukup panjang. Karenanya, dirinya mengajak KPU dan Bawaslu untuk saling bergandengan tangan bersama Pemprov sesuai tupoksi masing-masing menjaga kondisi di tahun politik.

“Partisipasi politik dari tahun ke tahun bisa berhasil. Dan kalau berhasil, maka pendidikan politik juga berhasil,” ujar Qodratul.

Sementara, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu aturan dari Bawaslu pusat terkait pemilu 2024.

Baca juga: Layanan Ekosistem Gojek di Lampung, Pelanggan Nyaman Meskipun Covid-19 Mengancam

Dirinya menegaskan, pemilu pada 2024 mendatang menjadi tantangan bagi Lampung. Karena, tak hanya pemilu legislatif dan Presiden, tapi juga pemilihan gubernur serentak.

Pengalaman pemilu sebelumnya, bisa jadi gambaran untuk evaluasi. Menentukan proyeksi kedepannya.

“Tapi kita pada tahun 2024, ada pemilu yang kita lakukan. Dan termasuk juga Pilgub serentak,” ujar Fathiatul. ( Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra ) 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved