Breaking News:

Metro

Metro Canangkan Kampung Literasi, Begini Kata Wahdi

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, Kampung Literasi merupakan kawasan yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pemahama

Dok Pemkot Metro
Wali Kota Metro Wahdi mencanangkan Kampung Literasi di Bumi Perkemahan Bantul, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kota Metro mencanangkan Kampung Literasi gerakan masyarakat pembelajaran sepanjang hayat di Bumi Perkemahan Bantul, Senin (29/11/2021).

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, Kampung Literasi merupakan kawasan yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas dengan berbagai kegiatan yang berkesinambungan.

"Ini sebagai upaya untuk menjaga agar kegiatan literasi di masyarakat terus berdenyut dan bergerak. Pencanangan Kampung Literasi ini salah satu upaya untuk membudayakan literasi dalam rangka mendukung visi pembangunan Metro sebagai kota berpendidikan," ungkap Wahdi.

Dengan adanya Kampung Literasi, terus Wahdi, diharapkan dapat memotivasi masyarakat dalam menciptakan budaya belajar di segala aspek mulai dari keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Baca juga: Dukung Budaya Literasi, Bupati Lamsel Minta Kadis Kurangi Merokok untuk Sumbang Empat Buku

"Harapannya ini akan membantu individu dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri dan membantu meningkatkan jejaring sosial yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan," bebernya.

Ia mengajak seluruh pihak agar dapat bersinergi dan bekerjasama demi mewujudkan masyarakat yang literal guna mewujudkan Metro sebagai Kota Literasi.

Sementara Kepala Bidang Tekhnis Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti Andri Gunawan mengapresiasi Pemerintah Kota Metro yang telah mendukung hingga terlaksananya kegiatan Pencanangan Kampung Literasi.

"Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti RI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah. Mari kita wujudkan kota literasi, kota yang kreatif," tuntasnya.

Baca juga: Memasuki Era Society 5.0, Menko Airlangga : Bangun Talenta Digital dan Meningkatkan Literasi Digital

Program Direktorat Pendidikan

Ketua Pelaksana Pencanangan Kampung Literasi Amin Budi menjelaskan, Kampung Literasi merupakan program yang diinisiasi Direktorat Pendidikan masyarakat untuk sebuah kampung.

"Maksud dan tujuan ditetapkannya nama kampung, karena kampung membawa sebuah culture di masyarakat. Dimana peradaban dan keakraban lebih mudah diakses oleh siapa pun," paparnya.

Adapun beberapa program yang telah dilaksanakan yang berkaitan dengan peningkatan enam literasi dasar, di antaranya literasi digital, literasi finansial, literasi budaya, literasi baca, literasi sains dan literasi nomerasi.

"Semua cakupan tersebut mengajak kita semua pada hari ini untuk mengarahkan serta membimbing masyarakat sampai tingkat dasar yang berkaitan dengan kecakapan hidup. Dan untuk diketahui, kami berlokasi di PKB Mrona Mulyojati yang mencakup kecamatan binaan yakni Metro Pusat dan Metro Selatan. Semoga kampung literasi memberikan manfaat bagi masyarakat Metro," tandas dia.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved