Breaking News:

Pesawaran

Banjir Rob di Pesisir Pesawaran Lampung Masih Aman, Warga Sudah Antisipasi

Banjir Rob yang terjadi di wilayah pesisir Kabupaten Pesawaran tidak berdampak pada kerugian materiil. BPBD Pesawaran sebut masih aman.

Tribunlampung.co.id/Robertus Didik
Ilustrasi - BPBD Pesawaran sebut banjir rob yang terjadi di wilayah Pesisir Pesawaran Lampung masih aman. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Banjir Rob yang terjadi di wilayah Pesisir Pesawaran Lampung tidak berdampak pada kerugian materiil.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Sofyan Aghani, masyarakat yang ada di pesisir telah terbiasa dengan Rob.

Mengingat banjir Rob ini rutin terjadi setiap tahun. "Karena sudah terbiasa, mereka (masyarakat) sudah mengantisipasi semua," ujar Sofyan.

Ditambahkan Sofyan, wilayah Bumi Andan Jejama yang terdapat pesisir pantainya adalah Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Teluk Pandan.

Sofyan mengatakan, Rob itu terjadi saat air laut pasang. Bersamaan dengan itu curah hujan tinggi. Sehingga air yang berasal dari dataran tinggi turun ke laut saat air laut sedang tinggi. 

Baca juga: Wakapolres Pesawaran Lampung Kini Dijabat Kompol Muhammad Riza

Sahrozi warga Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Teluk Pandan mengatakan, bila banjir Rob di wilayah tersebut tidak berdampak pada kerugian materiil.

Banjir Rob ini, menurut dia, hanya mengakibatkan air naik. Cuman tidak sampai berdampak vatal pada pemukiman yang ada.

Dia mengakui bila di daerah Ketapang, air laut masuk hingga ke perkampungan. Tapi, lanjut dia, cuma rumah-rumah yang dipinggir lautnya saja yang terdampak. Tapi dampaknya, menurut Sahrozi, tidak seberapa.

Sahrozi mengakui bila banjir Rob ini biasa terjadi setiap tahun. Kali ini, tambah Sahrozi, kejadian Rob kali ini sangat luar biasa.

Dia mengatakan itu, karena Rob kali ini terjadi lebih dari sekali. Oleh karena itu lah dia khawatir, karena tidak biasanya seperti itu. 

Baca juga: Petugas Samapta Polres Pesawaran Lampung Patroli Antisipasi C3

"Biasanya cuma sekali Rob, tapi Alhamdulillah nggak ada apa-apa," tuturnya.

Ia mengatakan, Rob yang terjadi memang tidak seperti yang terjadi di Selat Sunda.  ( Tribunlampung.co.id / Robertus Didik B C )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved