Breaking News:

Tanggamus

Kejari Tanggamus Musnahkan Barang Bukti dari 89 Perkara

Menurut Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanggamus Desmi Yulian, pemusnahan barang bukti yang dilakukan terdiri dari 89 kasus.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Barang bukti kayu sonokeling dimusnahkan oleh Kejari Tanggamus, Jumat (10/12/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Kejaksaan Negeri Tanggamus memusnahkan barang bukti dari 89 perkara, Jumat (10/12/2021).

Menurut Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanggamus Desmi Yulian, pemusnahan barang bukti yang dilakukan terdiri dari 89 kasus yang telah inkrah.

"Jenis barang bukti yang dimusnahkan antara lain, narkotika jenis sabu seberat 74,464 gram beserta alat isap, ganja sebanyak 20 ranting ganja, ekstasi seberat 182,7871 gram, dua senjata tajam, dan tiga kubik kayu sonokeling," kata Desmi.

Ia menambahkan, pemusnahan dilakukan dengan cara berbeda.

Baca juga: Melejit, Harga Cabai di Talang Padang Tanggamus Kini Rp 50 Ribu per Kg

Sabu dan pil ekstasi diblender dicampur deterjen, lalu dibuang ke saluran pembuangan.

Sedangkan ganja, alat isap sabu, dan timbangan digital dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Untuk senjata tajam dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan gerinda. Sedangkan kayu sonokeling dimusnahkan dengan menggunakan alat pemotongan kayu," terang Desmi.

Pemusnahan barang bukti dipimpin Kajari Tanggamus Yunardi, dengan disaksikan Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Wadharyadi, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan, Plt Kepala BNN Tanggamus Henderiyadi, Trisno dari Pengadilan Negeri Kota Agung, dan perwakilan Dinas Kesehatan Tanggamus.

Menurut Yunardi, pemusnahan tersebut merupakan yang kali ketiga dilaksanakan pada tahun 2021.

Putusan pemusnahan barang bukti sekaligus merupakan tindak lanjut dari putusan pengadilan yang sebelumnya sudah diajukan oleh jaksa penuntut umum untuk dimusnahkan berdasarkan KUHAP.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda tahunan, khususnya di Kejari Tanggamus, dalam rangka penyelesaian perkara di tingkat eksekusi dan pemusnahan barang bukti tahun 2021," ujar Yuniardi.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved