Breaking News:

Metro

Metro Kini Punya Pasar Tani, Diharapkan Dapat Atasi Fluktuasi Harga

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, Pasar Tani merupakan salah satu wadah pemasaran produk-produk pertanian dan perikanan Metro.

Dok Pemkot Metro
Wali Kota Metro Wahdi meninjau produk seusai launching Pasar Tani, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro meluncurkan Pasar Tani, Jumat (24/12/2021).

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, Pasar Tani merupakan salah satu wadah pemasaran produk-produk pertanian dan perikanan Metro, dengan menghubungkan langsung petani dan konsumen.

"Dengan adanya Pasar Tani, petani dapat mempromosikan produk baik dari hasil kebun sayur dan buah, beras, telur, ayam dan ikan maupun produk olahan," ujar Wahdi saat me-launching Pasar Tani di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro.

Ia berharap Pasar Tani mampu mengatasi fluktuasi harga yang sering terjadi terhadap petani.

Baca juga: Apresiasi Kinerja Gubernur Arinal di Bidang Pertanian, Pusat Beri Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

Dengan keberadaan Pasar Tani akan membuka akses pasar lebih luas. Serta memberikan keuntungan yang lebih baik.

"Jika dibandingkan dijual ke pengepul atau tengkulak pasti harga berbeda dan lebih kompetitif jika langsung ke konsumen. Saya berharap Pasar Tani tidak hanya sukses dilaksanakan secara offline, tetapi secara online," terangnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro Heri Wiratno menjelaskan, pemasaran online melalui website www.agroceria.kotametro.go.id.

Pasar Tani sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap petani. Dimana dapat memfasilitasi kegiatan yang diadakan seminggu sekali.

Sementara produknya telah disediakan oleh para petani Metro.

"Dan ini juga no budget, artinya tidak menggunakan anggaran pemerintah. Kita hanya menyediakan fasilitas seperti tenda untuk berkomunikasi dengan pengusaha dan pembeli. Ke depannya di setiap kelurahan dengan e-commerce melalui kelompok tani," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved