Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa Itu Hiperhidrosis?

Keringat adalah suatu mekanisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh, terutama di saat cuaca sedang panas. dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin R

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id/Jelita Dini Kinanti
dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel. Halo Dokter, apa itu hiperhidrosis. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Keringat adalah suatu mekanisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh, terutama di saat cuaca sedang panas.

dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel mengatakan, itu sebabnya wajar jika saat cuaca sedang panas  seperti yang belakangan ini sering terjadi disiang hari, tubuh mengeluarkan keringat

Namun ada yang tubuhnya mengeluarkan keringat berlebihan. Bahkan keringat berlebihan itu bukan hanya terjadi saat cuaca sedang panas, tapi terjadi kapanpun. 

Keringat berlebihan ini disebut sebagai hiperhidrosis. Ada dua jenis hiperhidrosis yakni hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder.

Hiperhidrosis primer adalah hiperhidrosis yang terjadi sejak lahir karena faktor keturunan. Hiperhidrosis primer semakin aktif saat mulai memasuki usia pubertas.

Baca juga: Halo Dokter, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Breakout

Sementara itu hiperhidrosis sekunder adalah hiperhidrosis karena penyakit lain seperti jantung, kelenjar gondok, dan sebagainya

"Hiperhidrosis bisa terjadi diseluruh area tubuh. Namun yang paling sering adalah ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki," kata dr Desidera, Minggu 2 Januari 2021.

Hiperhidrosis ada yang tidak berbau dan ada yang berbau. Hiperhidrosis yang tidak berbau adalah hiperhidrosis yang terjadi pada kelenjar keringat bernama ekrin, yang sekresinya sebagian besar adalah air.

Sedangkan hiperhidrosis berbau karena hiperhidrosisnya terjadi di kelenjar keringat bernama apokrin. Di kelenjar apokrin sekresianya adalah lemak. Lalu lemak memecah bakteri yang ada dipermukaan kulit, yang menimbulkan bau. 

Bahkan baunya bisa sangat menyengat dan mengganggu orang sekitar. Hiperhidrosis berbau lebih sering terjadi di ketiak, yang sering disebut orang bau ketiak. ( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved