Breaking News:

Kesehatan

Halo Dokter, Apa Itu Kulit Sensitif

dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center mengatakan, ada berbagai masalah kulit wajah yang bisa menghampiri. Salah satunya kulit sensitif.

Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti
dr Carmelita Christina menjelaskan apa itu kulit sensitif. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Memiliki kulit wajah yang sehat tanpa masalah adalah impian semua orang.

Namun, tidak semua orang bisa menggapai keinginan itu.

dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center mengatakan, ada berbagai masalah kulit wajah yang bisa menghampiri.

Salah satunya kulit sensitif.

Baca juga: Halo Dokter, Gejala Usus Buntu dan Penanganannya

Apa itu kulit sensitif?

"Kulit sensitif adalah suatu keadaan dimana kulit menjadi gampang iritasi ketika terekspose atau terpapar sesuatu. Kulit sensitif adalah kondisi yang biasa terjadi pada kulit," kata Carmelita dalam webinar bersama Tribunlampung.co.id, Senin (3/1/2022).

Ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit terasa gatal, panas, sangat kering seperti ditarik, kemerahan, dan terkelupas. Bahkan ada yang sampai muncul papul.

Kulit sensitif awalnya terjadi karena skin barrier rusak.

Ada banyak penyebab skin barrier rusak, seperti penyakit dermatitis atopik, atau dermatitis kontak baik dermatitis kontak iritan maupun dermatitis kontak alergi.

Baca juga: Halo Dokter, Apa Itu Usus Buntu dan Cara Mengobatinya

Dermatitis kontak iritan adalah dermatitis yang terjadi karena kulit kontak dengan zat-zat yang pada dasarnya bersifat iritan seperti deterjen, sabun, parfum dan sebagainya.

Sedangkan dermatitis kontak alergi adalah dermatitis yang terjadi karena kulit alergi  terhadap paparan zat atau sesuatu. Misalnya alergi terhadap karet atau latex, dan sebagainya.

Selain dermatitis, ada juga acne rosacea atau rosacea yakni pelebaran pembuluh darah dan peradangan terhadap kulit wajah, terutama area tengah wajah, dan kening.

Tak hanya itu, skin barrier rusak juga bisa karena terpapar sinar matahari terus-menerus tanpa menggunakan sunblock, dan kulit terlalu panas atau terlalu dingin.

( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved