Breaking News:

Bandar Lampung

Hadapi Perubahan Iklim, Unila Akan Bikin Mobil Listrik

Ia mengatakan, perubahan iklim juga menjadi tantangan yang serius yang dihadapi dunia saat ini bersaman dengan penanganan pandemi Covid-19.

Dok Unila
Rektor Universitas Lampung Karoman. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rektor Universitas Lampung Karomani menyebut climate change atau perubahan iklim akan menjadi perhatian utama.

Ia mengatakan, perubahan iklim juga menjadi tantangan yang serius yang dihadapi dunia saat ini bersaman dengan penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu sesuai dengan tujuan ke-13 sustainable development goal's (SDG's) yang membahas tentang isu perubahan iklim.

"Laporan terbaru dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan bahwa manusia dan kehidupannya sangat berpengaruh pada tantangan pengendalian perubahan iklim tersebut," kata dia, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Unila Gandeng Novosibirsk State Technical University Russia Gelar International Webinar

Langkah ke depan yang akan dilakukan ialah mengembangkan pengolahan serat alam dalam beragam proses produksi.

"Langkah awal kita mulai hari ini adalah pembuatan mobil listrik dengan mekanik green composite untuk rangka dan bodinya," ucap dia.

"TPST Unila yang saat ini juga mengelola limbah B3 Unila dan sampah menjadi Energi," ucapnya.

Climate change, masih kata dia, harus diberikan penanganan yang serius karena memberikan implikasi yang siginifikan bagi manusia dan kemanusiaan.

"Apabila bumi meningkat suhunya di atas 1,5 derajat celsius, implikasinya akan sangat luar biasa terhadap kehidupan umat manusia," ucap dia.

"Contohnya, bila es di kutub mencair, maka permukaan air laut akan meningkat dan dampaknya akan ada beberapa wilayah dataran yang tenggelam," imbuhnya.

( Tribunlampung.co.id / V Soma Ferrer )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved