Tulangbawang Barat

Disdukcapil Tubaba Lampung Masuk Level 4 Nasional Penilaian Kinerja Pelayanan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berupaya memperbaiki pelayanan administrasi

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
Kompas.com
Ilustrasi 

Tribunlampung.co.id, Tubaba - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berupaya memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan guna mencapai target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat.

Kepala Disdukcapil Tubaba, Ahmad Hariyanto, mengatakan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI telah menetapkan target-target nasional yang harus dicapai oleh Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Indonesia.

Hal ini, kata dia, sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Disdukcapil di masing-masing daerah.

Perbaikan pelayanan itu, kata Hariyanto, dilakukan lantaran oleh Pemerintah Pusat, Disdukcapil Tubaba masuk Level 4 hasil penilaian kinerja pelayanan.

"Capaian yang didapat Disdukcapil Tubaba ini karena semua target nasional yang ditetapkan telah terpenuhi," ungkap Hariyanto, Sabtu (9/4/2022).

Bahkan, dia menyebut, ada beberapa target kinerja yang telah melebihi target.

"Seperti perekaman KTP-el telah mencapai 100 persen, KIA telah mencapai 65 persen, dan akta kelahiran 99 persen. Dan semua target itu sudah kita capai, kedepan akan terus kami perbaiki," papar Hariyanto.

Capaian itu, lanjut dia, diraih setelah Disdukcapil Tubaba memaparkan hasil evaluasi capaian target kinerja melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil Belajar secara virtual, bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI.

Baca juga: Pengguna Layanan Kependudukan Online Disdukcapil Bandar Lampung Meningkat

Paparan itu, juga diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Adapun indikator yang menjadi dasar penilaian itu yakni perekaman KTP-el sebesar 98 persen, cakupan akta kelahiran sebesar 94 persen, dan penerbitan Kartu Identitas Anak sebesar 40 persen.

Kemudian, penerapan tanda tangan elektronik, pelayanan online, perjanjian kerja sama dan pemanfaatan hak akses data kependudukan oleh OPD, dan penerapan buku pokok pemakaman.

Menurutnya, dari seluruh indikator tersebut, Disdukcapil Tubaba telah mencapai level 4, setelah seluruh indikator target nasional yang ditetapkan tercapai.

Dengan pencapaian level 4 ini, kata dia, hal ini menjadi suatu penghargaan sekaligus motivasi seluruh jajaran Dinas Dukcapil Tubaba untuk lebih meningkatkan kinerja dari tahun ke tahun. 

Kedepan, dia mengingatkan jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan.

Ini menyusul presentase dan nilai target nasional Dukcapil terus naik.

Sehingga seluruh jajaran Dukcapil harus bekerja lebih ekstra, melakukan akselerasi, dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan.

"Caranya, dengan mengefektifkan pelaksanaan kegiatan sesuai den dinamika perkembangan tantangan pelayanan Adminduk untuk mencapai target tahun-tahun selanjutnya,” tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / endra zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved