Pelayanan Publik

Tarif Tol Jakarta-Palembang 2022

Jelang mudik lebaran, tarif tol Jakarta-Palembang 2022 dapat terjadi penyesuaian.

Penulis: Virginia Swastika | Editor: Kiki Novilia
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Ilutrasi Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung. Simak tarif tol Jakarta-Palembang 2022. 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Jelang musim mudik lebaran, tak jarang tarif tol Jakarta-Palembang dapat mengalami penyesuaian.

Sebab, tarif tol dipengaruhi oleh laju inflasi suatu negara. Akan tetapi, penyesuaian ini biasanya akan dilakukan setiap dua tahun sekali.

Meski biayanya terus naik, jalur tol hingga kini masih terus menjadi alternatif yang dipilih bagi para pemudik, khususnya yang ingin memangkas waktu perjalanan menjadi lebih singkat.

Dalam mengakses tol, para pengemudi harus terlebih dahulu memerhatikan tarif yang dikenakan pada setiap pintu gerbang yang akan dilalui.

Selain itu, mereka harus memerhatikan golongan kendaraan yang digunakan.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Tegal 2022

Baca juga: Tarif Tol Solo-Malang 2022

Pembagian tarif tol umumnya ditentukan berdasarkan beberapa golongan kendaraan bermotor, yang kemudian dikategorikan dalam golongan I hingga VI.

Berdasarkan laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kendaraan golongan I merupakan jenis kendaraan sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus, golongan II terdiri dari truk besar dengan dua gandar, golongan III adalah truk besar dengan tiga gandar.

Kemudian golongan IV terdiri dari truk besar dengan empat gandar, golongan V adalah truk besar dengan lima gandar, sedangkan golongan VI terdiri dari kendaraan bermotor roda dua.

Khusus untuk golongan kendaraan tol VI ini hanya berlaku di beberapa ruas tol saja, karena tidak semua jalan tol di Indonesia tersedia untuk kendaraan roda dua.

Selain itu, minimnya tol untuk kendaraan roda dua ini terjadi karena mempertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan berkendara semua golongan, terutama pengendara roda dua.

Melansir dari pemberitaan Kompas (12/4/2022), berikut rute dan rincian tarif tol Jakarta-Palembang khusus untuk golongan kendaraan I:

1. Tol Jakarta-Tangerang dari GT Tomang IC menuju Cikupa: Rp 7.000

Baca juga: Tarif Tol Semarang-Surabaya Semua Golongan Kendaraan Jelang Mudik Lebaran 2022

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Malang Jelang Mudik Lebaran 2022

2. Tol Tangerang-Merak dari GT Cikupa menuju Merak: Rp 44.000

3. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dari GT Bakauheni Utara menuju Terbanggi Besar: Rp 111.000

4. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dari GT Terbanggi Besar: Rp 170.500

5. Tol Kayu Agung-Palembang dari GT Kayu Agung: Rp 50.000

Dari rincian tersebut, maka perkiraan akumulasi tarif tol Jakarta-Palembang untuk kendaraan golongan I mencapai Rp 382.500.

Namun demi menghindari kendala pembayaran, para pemudik disarankan untuk selalu menyiapkan saldo e-toll lebih banyak mengingat tarifnya yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Di samping tarif tol, para pengendara juga harus menyiapkan biaya penyeberangan dari Merak ke Bakauheni untuk menuju Pulau Sumatera. ( Tribunlampung.co.id / Virginia Swastika )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved