Mesuji

Bisa Gandeng Investor, Ini Untungnya BUMDes Mesuji yang Sudah Berbadan Hukum 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mesuji di 2022 miliki target akan mendaftarkan seluruh BUMDes mendapatkan sertifikat

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: soni
Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf
Kepala Bidang Kelembagaan dan Ekonomi Desa DPMD Mesuji Rahmatullah. 

Tribunlampung.co.id, Mesuji - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji di 2022 miliki target akan mendaftarkan seluruh BUMDes untuk mendapatkan sertifikat berbadan hukum, Sabtu (16/4).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Ekonomi Desa, Rahmatullah, hal tersebut perlu dilakukan mengingat BUMDes yang memiliki status berbadan hukum memiliki manfaat dan keuntungan bagi usaha.

"Perlu diketahui untuk saat ini ada 40-50 BUMDes di Mesuji sudah berbadan hukum. Untuk kelebihan yang pertama dalam hal BUMDes berbadan hukum ini posisinya melindungi secara kelembagaan," ujarnya mewakili Kepala DPMD Mesuji Anwar Pamuji.

Karena BUMDes tersebut sudah terdaftar di Kemenkumham, dan sebagai tanda berbadan hukum dikeluarkan nya sertifikat dari Kemenkumham.

Baca juga: 50 BUMDes di Mesuji Lampung Miliki Sertifikat Berbadan Hukum

Kemudian, ungkap Rahmat, kelebihan lainnya yaitu jika BUMDes miliki banyak unit usaha maka unit usaha itu dalam menjalankan kegiatan berusaha hanya membutuhkan persyaratan SIUP dan SITU.

"Selanjutnya, karena ini sudah berbadan hukum bisa bekerjasama dengan pihak ke tiga. Seperti perbankan, investor atau perusahaan yang lain," terangnya.

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved