Bandar Lampung

Peringati Nuzulul Quran, Gubernur Lampung Arinal Undang Ustaz Solmed

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sengaja mengundang ustaz kondang Solmed atau Sholeh Mahmoed untuk mengisi tausiah untuk peringatan Nuzulul Quran.

Penulis: Bayu Saputra | Editor: Kiki Novilia
Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra
Ilustrasi Gubernur Lampung Arinal undang Ustaz Solmed dalam rangka memperingati Nuzulul Quran. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Peringatan Nuzulul Quran 1443 H atau peristiwa turunnya Al-Qur'an merupakan momen yang ditunggu oleh semua umat Islam.

Bahkan kali ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sengaja mengundang ustaz kondang Solmed atau Sholeh Mahmoed untuk mengisi tausiah.

Arinal Djunaidi menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid dan santunan kepada anak yatim piatu di Mahan Agung.

Uniknya, acara tersebut diikuti oleh para bupati dan wali kota melalui virtual zoom.

Harapannya, peristiwa Nuzulul Quran ini diharapkan sebagai bahan introspeksi dan introprospektif.

Baca juga: Wali Kota Mengaku Sulit Bersihkan Jejak Vandalisme di Bandar Lampung 

Baca juga: 16 Warga Lampung yang Terlantar di Turki Bakal Dipulangkan Pekan Ini

Jadi introspeksi itu maksudnya sebagai bahan perenungan sudah sejauh mana umat Islam dalam membaca, menghafalkan dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. 

Sedangkan introprospektif maksudnya yakni bagaimana menuju masa depannya.

Guna menurunkan angka kemiskinan, bahwa Pemprov Lampung bekerjasama dengan Baznas dan akan digerakan Desa Baznas yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Dirinya bersama-sama Baznas pusat dan daerah ingin memberikan terobosan agar bisa memberi manfaat bagi rakyat miskin.

Serta meningkatkan pendapatan dan juga menurunkan kemiskinan.

Pemprov Lampung melaluinya juga menyerahkan sejumlah bantuan sebagai wujud dan kepedulian dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Di antaranya yaitu bantuan safari ramadan senilai masing-masing Rp 25 juta bagi 16 masjid di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan total nilai secara keseluruhan mencapai Rp 400 Juta.

Baca juga: Dampak Rekrutmen Pegawai BUMN 2022, Pemohon SKCK di Bandar Lampung Melonjak

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Pemkot Bandar Lampung Masifkan Layanan Booster

Lalu bantuan masing-masing 500 ribu bagi 10 anak yatim piatu dalam 16 kelompok di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan total nilai Rp 80 Juta.

Selain itu diserahkan juga bantuan kepada Masjid Babul Jannah Bandar Lampung dan Pondok Pesantren Al Mujtama Al Islami Lampung Selatan dengan nilai masing-masing sebesar Rp 50 juta.

Ustadz Solmed dalam tausiahnya menjelaskan bahwa Nuzulul Quran merupakan hari memperingati turunnya Alquran yang berisi petunjuk kehidupan untuk menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat.

"Saya mendoakan agar Indonesia dan khususnya Provinsi Lampung, dengan seluruh ikhtiarnya berupa penegakkan protokol kesehatan dan kegiatan vaksinasi segera keluar dari masa pandemi covid-19," kata Solmed

Dirinya mengajak untuk menjadikan Alquran sebagai petunjuk dalam menjankan kehidupan. 

"Alquran juga sebagai penghibur hati kita semua, para umat Nabi Muhammad SAW," kata Ustad Solmed. ( Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved