Mudik Lebaran 2022

Pelabuhan Panjang Masih Layani Pemudik, Arus Balik Diprediksi Masih Berlangsung

PT Pelindo (Persero) Regional 2 Panjang memperpanjang masa operasional Pelabuhan Panjang untuk arus balik penumpang.

Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama
KMP Titian Nusantara sedang sandar di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung yang jadi alternatif jalur penyeberangan arus balik pemudik yang hendak ke pulau Jawa. Pelabuhan Panjang masih layani pemudik. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - PT Pelindo (Persero) Regional 2 Panjang memperpanjang masa operasional Pelabuhan Panjang untuk arus balik penumpang.

Hal ini seiring pernyataan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo yang meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja dari rumah mulai Senin sampai Jumat (9-1/5).

"Perpanjangan waktu operasional Pelabuhan Panjang untuk penumpang ini dilakukan karena perpanjangan masa libur sekolah dan imbauan soal WFH untuk ASN," jelas Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Capten Hendri Ginting, Minggu (8/5/2022).

Seperti diketahui, Men-PANRB Tjahjo Kumolo pada Sabtu (7/5) mengimbau agar WFH saja selama sepekan dan masuk kembali pada Senin 16 Mei.

Ia pun meminta agar seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk mengatur jadwal WFH di instansi masing-masing.

Baca juga: Update Arus Balik Lebaran 2022, KAI Divre IV Tanjungkaran Masih Lanjutkan Pelayanan Mudik Lebaran

Lebih lanjut Capten Hendri mengatakan, pengoperasian Pelabuhan Panjang ini tak lain mengurai kemacetan pada saat arus balik lebaran 2022.

Menurut dia, meski puncak arus balik memang diperkirakan pada Minggu (9/5), namun hal itu masih dinamis sebab ASN boleh WFH dan libur sekolah diperpanjang.

Sehingga kepulangan para pemudik bisa ditunda.

Selama ini Pelabuhan Panjang melayani angkutan barang.

Pelabuhan Panjang baru dibuka untuk mengangkut para pemudik pada 5 Mei 2022. Kapal-kapal besar disiagakan di sana.

Semula operasional Pelabuhan Panjang untuk arus balik ini sampai 8-9 Mei, namun hal itu diperpanjang seiring WFH.

General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, Adi Sugiri menambahkan pihaknya siap memfasilitasi masyarakat yang akan menumpangi kapal di Pelabuhan Panjang.

Ia mengatakan, selama arus balik mudik di pelabuhan alternatif ini pihaknya sudah menyiapkan fasilitas umum. Seperti, tempat mandi cuci kakus (MCK), tempat peristirahatan, loket offline, dan warung kaki lima.

Sampai 8 Mei, penumpang yang sudah berangkat melalui Pelabuhan Panjang tercatat sebanyak 9.200 orang. Untuk kendaraan roda dua sebanyak 1.076 unit, mobil 492 unit, truk unit, dan bus 152 unit.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved