Metro

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro Akan Lakukan Vaksinasi pada Hewan Ternak

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro mengaku siap untuk melakukan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: teguh_prasetyo

Tribunlampung.co.id, Metro - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro mengaku siap untuk melakukan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak di wilayah setempat.

Kepala Dinas DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu jadwal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung untuk pemberian vaksin hewan ternak di Kota Metro.

“Karena ini kan kewenangan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. Begitu juga dengan pendanaan. Kita masih menunggu jadwalnya. Cuma kalau untuk persiapan, kita sudah siap dan ada tim," katanya, Rabu (15/6/2022).

Ia mengaku, vaksin akan diberikan kepada daerah yang hewan ternaknya sudah terpapar PMK.

Adapun hewan ternak di Kota Metro sejauh ini masih dinilai aman dan belum ada yang terpapar.

"Kita belum ada kasus. Nanti sebelum vaksin juga akan sampling dulu diuji laboratorium hewan ternaknya. Jika ada satu yang terkontaminasi, maka harus segera diisolasi. Tapi sejauh ini kita aman dan belum ada laporan. Kemungkinan vaksin bulan Juli," imbuhnya.

Ia menambahkan, jumlah populasi hewan ternak yang ada di Kota Metro berkisar 25.043 ekor. Di antaranya sapi 8.976 ekor sapi perah, 243 ekor kambing potong, dan 11.518 ekor kambing perah.

"Nanti semua hewan ternak kita usahakan untuk divaksin agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku. Terutama sapi dan kambing," tuntasnya.

(tribunlampung.co.id/indra simanjuntak)

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved