Berita Lampung

139 Ribu Lebih Anak di Bandar Lampung Sudah Dapat Imunisasi Campak dan Rubela

139.286 anak di Bandar Lampung sudah mendapatkan imunisasi campak dan rubela dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Mei.

Dokumentasi Kominfo Pesisir Barat
Ilustrasi - Pelaksanaan imunisasi anak di Pesisir Barat. 139 ribu lebih anak di Bandar Lampung sudah dapat imunisasi campak dan rubela. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung -  Sebanyak 139.286 anak di Bandar Lampung tercatat sudah mendapatkan imunisasi campak dan rubela dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Mei kemarin.

Secara target capaian vaksinasi campak dan rubela yakni 78,5 persen dari yang ditargetkan sebanyak 177.920 anak.

Kondisi itu sedikit menggambarkan capaian pelaksanaan BIAN di Bandar Lampung memiliki hasil yang baik.

Secara detail, pelaksanaan BIAN menyasar anak usia sekolah dengan kelompok sasaran siswa SD kelas 1, dengan usia sekitar enam sampai tujuh tahun.

Hal itu sebagai bentuk imunisasi lanjutan setelah anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 bulan memperoleh imunisasi dasar.

Baca juga: Dua Pelaku Curanmor Gasak Motor Warga di Bandar Lampung, Terekam CCTV

Baca juga: Kapolresta Bandar Lampung Kunjungi KPU Bahas Potensi Kerawanan Pemilu 2024

"Sampai 28 Juni 2022 kemarin, sudah ada 139.286 anak yang diimunisasi campak rubela," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung Desti Mega Putri saat diwawancara pelalui pesan singkat, Rabu (29/6/2022).

Desti mengatakan pelaksanaan BIAN akan ditutup pada akhir Juni nanti.

Sementara, untuk kelompok sasaran yang belum terimunisasi campak dan rubela melalui program BIAN, selanjutnya akan disasar melalui program puskesmas.

Desti mengatakan, butuh capaian minimal 90 persen dari target untuk memastikan kekebalan kelompok terjadi.

Cakupan 10 persen lainnya adalah untuk kelompok anak yang memiliki penyakit penyerta sehingga tidak memungkinkan untuk menerima vaksinasi.

Karena cakupan yang besar itu, diharapkan orang tua, guru, dan anak dapat saling bekerja sama dalam mewujudkan target tersebut.

"Selain sekolah, memang butuh keterlibatan dari orang tua dan anak itu sendiri untuk bisa mencapai target imunisasi campak rubela," kata dia.

Pada sumber berita lain, capaian imunisasi campak rubela melalui program BIAN di luar wilayah Jawa dan Bali sudah 11 juta anak hingga 26 Juni kemarin.

Untuk di Lampung, cakupan imunisasi ini sudah di angka 64,5 persen dari target sasaran sebanyak 1.598.957  juta anak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved