Berita Lampung

Kemenag Angkat Bicara, Heboh Pria Nikahi 2 Wanita Sekaligus di Lampung Utara

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Utara Totong Sunardi mengaku telah mengkroscek ke KUA wilayah pria nikahi dua wanita sekaligus yang bikin heboh tersebut

Kolase Tangkap Layar Video Beredar/Anung Bayuardi
Kementrian Agama (Kemenag) Lampung Utara angkat bicara terkait pria nikahi dua wanita sekaligus bikin heboh. Kepala Kemenag Lampung Utara Totong Sunardi. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Utara - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Utara angkat bicara soal pria nikahi dua wanita sekaligus yang bikin heboh.

Menurut Kemenag Kabupaten Lampung Utara, pernikahan pria nikahi dua wanita sekaligus yang bikin heboh itu tidak tercatat dalam lembaran negara.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Utara Totong Sunardi mengaku telah mengkroscek ke KUA wilayah pria nikahi dua wanita sekaligus yang bikin heboh tersebut.

“Tadi saya sudah kroscek ke KUA setempat, tidak ada pencatatan pernikahan mereka,” kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Utara Totong Sunardi, Jumat (5/8/2022).

Apakah status penikahannya itu bisa disebut dengan pernikahan siri? Totong Sunardi mengiyakan, bila pernikahan yang tidak masuk dalam pencatatan KUA itu disebut sebagai nikah siri.

Baca juga: KNPI dan AMPG Lampung Utara Sepakat Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif

Baca juga: Selain Lampung Utara, Pria Nikahi 2 Wanita Sekaligus Juga Heboh di Madura

Totong Sunardi menambahkan, berdasarkan pengumpulan informasi dari pihak Kemenag Lampung Utara, seluruhnya masih di bawah umur. Sedangkan persyaratan nikah negara berusia 19 tahun. 

Totong Sunardi menyebutkan, bila pernikahan tersebut bisa dicatat pada lembaran negara.

Asal mereka mengajukan sidang isbat ke Pengadilan Agama. 

Setelah adanya keputusan dari Pengadilan Agama, barulah bisa tercatat di KUA.

Pernikahan pria nikahi dua wanita sekaligus itu bisa tercatat secara sah secara negara,  asal memenuhi syarat dari poligami, dan di daftarkan ke Pengadilan Agama untuk sidang isbat. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved