Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang Sukses Cetuskan Inovasi untuk Bantu Petani Kopi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mencetuskan ide penanaman kopi dan lada secara bersamaan. Tak disangka, inovasi ini membuahkan hasil memuaskan.

Tangkapan layar kanal YouTube G24 Channel
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi cetuskan ide untuk gabungkan pertanian kopi dan lada untuk kembangkan pertanian kopi yang lebih maju dan menjadikan Kopi Lampung menjadi nomor satu di Indonesia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus memastikan petani kopi di Lampung tidak mengalami kerugian panen. Sebab, selama ini kopi ditanam dengan sistem monokultur, sehingga sering gagal panen dan membuat petani rugi.

Berangkat dari permasalahan itu, Arinal pun mencetuskan inovasi menanam kopi dan lada secara bersamaan. Tak disangka, ide ini pun membuahkan hasil yang memuaskan.

“Saya memutuskan untuk memadukan penanaman kopi dan lada. Rupanya pertumbuhan kopi dan lada cukup bagus,” ungkap Arinal dalam video di kanal G24 Channel, Selasa (13/9//2022).

Orang nomor satu di Lampung itu menjelaskan, Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar keempat dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Produksi rata-rata kopi dalam negeri sebesar 744.000 ton per tahun atau sekitar tujuh persen dari produksi kopi dunia. Lampung menjadi salah satu provinsi penyumbang biji kopi terbesar di Indonesia.

Baca juga: Profil Benny Raharjo Ketua DPD Golkar Lampung Selatan, Daki Gunung hingga Papua

“Kopi dari Lampung merupakan kopi nomor satu di Indonesia. Jangan sampai petani yang bersusah payah memanen kopi dan menjualnya dengan harga Rp 20.000 malah dirugikan oleh para pengusaha yang kembali menjual kopinya seharga Rp 90.000,” jelas Arinal.

Maka dari itu, Pemimpin Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Lampung tersebut mengajak seluruh petani untuk belajar kembali mengenai pemasaran kopi secara tepat.

Ia pun mengajak setiap petani untuk belajar tentang unit processing kopi bubuk yang diproduksi di desa, sehingga nantinya produksi kopi bisa meningkat hingga dua kali lipat.

“Saya mohon kepada seluruh pengusaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu pengiriman kopi Lampung ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sekilas tentang Arinal Djunaidi

Untuk diketahui, Arinal Djunaidi merupakan Gubernur Lampung yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung pada 2014-2016.

Baca juga: Profil Azwar Yacub Ketua Kaderisasi dan Keanggotaan Golkar Lampung, 6 Periode di Legislatif

Selepas itu, ia mencoba peruntungan di dunia politik dengan menjadi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Lampung.

Suami dari Rinasari itu dikenal sebagai politikus yang kerap melakukan konsolidasi partai, aksi-aksi sosial kemasyarakatan, serta mencetuskan berbagai kebijakan yang pro rakyat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved