Kesehatan

Waspada Karang Gigi Bisa Sebabkan Gigi Copot

Karang gigi merupakan lapisan seperti kotoran yang menempel pada gigi dan sulit dihilangkan meskipun dibersihkan atau disikat secara berulang.

Screenshot webinar
Drg Eagi Galuh Nurgenia dari Klinik Flora Bandar Lampung saat webinar. Waspada karang gigi bisa sebabkan gigi copot. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Keberadaan karang gigi tentunya cukup menganggu penampilan seseorang terlebih jika sampai menyebabkan gejala atau keluhan yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Karang gigi merupakan lapisan seperti kotoran yang menempel pada gigi dan sulit dihilangkan meskipun dibersihkan atau disikat secara berulang.

Drg Eagi Galuh Nurgenia dari Klinik Flora Bandar Lampung menjelaskan, karang gigi sebenarnya adalah sisa makanan yang tercampur dengan bakteri, kemudian bertahan lama di mulut. 

"Karena ada mineral jadinya mengeras sehingga penampakannya giginya seperti kuning, atau kecokelatan," jelas dr Kenia dalam Bincang Kesehatan bersama Tribun TV Lampung, Kamis (22/9/2022).

Penyebab lainnya selain makanan juga ada faktor di luar itu.

Misal karena konsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan mulut kering dan menyebabkan sisa makanan semakin lengket.

Ada juga pengaruh minuman manis, merokok, bahkan efek dari terapi kanker yang dari kepala dan leher juga turut mempengaruhi proses percepatan terbentuknya karang gigi.

"Kebiasaan mengunyah pun berpengaruh, misal hanya menggunakan gigi sisi kanan, yang kiri tidak digunakan untuk mengunyah, jadinya yang jarang dipakai mengunyah lebih cepat timbul karang giginya," beber dokter yang juga praktek di RS Belleza ini.

Cara mengunyah yang baik adalah dengan mempergunakan dua sisi.

Ketika satu sisi bermasalah misal berlubang maka harus diperbaiki terlebih dahulu sehingga dua sisi tetap bisa digunakan semua.

"Kalau ngunyah tidak bergantian juga berpengaruh ke bentuk rahang giginya," sambungnya.

Karang gigi bisa terjadi bahkan pada usia anak di atas dua tahun.

Keberadaan karang gigi ada di luar gusi dan juga di dalam gusi. Karang gigi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai gangguan. 

Seperti gigi nampak kuning, gigi menjadi goyang, bahkan sampai mengalami radang gusi (gusi merah-merah dan gampang berdarah), hingga menyebabkan infeksi pada gusi maupun gigi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved