Pemilu 2024

Bawaslu Pesisir Barat Lampung Temukan 13 Calon Panwascam Masuk Anggota Parpol

Bawaslu Pesisir Barat mengecek Sipol dan temukan 13 pendaftar panwascam sebagai anggota partai politik dan sekarang coba diklarifikasi.

Editor: Tri Yulianto
Tribunlampung.co.id/Saidal Arif
Bawaslu Pesisir Barat temukan 13 nama pendaftar panwascam sebagai anggota partai politik dan kini coba diklarifikasi baik ke partai politik dan ke personalnya. 

Tribunlampung.co.id, Pesisir Barat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Barat Lampung mencatat 13 pendaftar calon pengawas pemilu kecamatan (panwascam) namanya terdaftar sebagai anggota partai politik.

Bawaslu Pesisir Barat Lampung mengetahui 13 pendaftar panwascam masuk partai politik dari sistem informasi partai politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota Bawaslu Pesisir Barat Lampung Abd Kodrat menyebut 13 nama pendaftar panwascam tersebut masing-masing masuk dalam keanggotaan 8 partai politik.

"Ada 13 pelamar bakal calon panwascam yang namanya terdaftar sebagai anggota partai politik pada sistem informasi partai politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ungkap Abd Kodrat, Sabtu (1/10/2022).

Ia menambahkan 13 nama pendaftar panwascam tersebut ada di daftar anggota Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: Bawaslu Lampung Timur Temukan 40 Pendaftar Panwaslu Kecamatan Tercantum di Sipol

Baca juga: Oknum ASN Pesisir Barat Diduga Tidak Netral, Bawaslu Tunggu Arahan Provinsi

Lalu, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Ummat, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Partai Buruh, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Sebelum mereka mendaftar kami memang sudah menyarankan agar peserta mengecek nama mereka di Sipol dan ternyata ada temuan ini," kata anggota Bawaslu Pesisir Barat Divisi Penanganan Pelangaran dan Penyelesaian Sengketa.

Kodrat menjelaskan, Bawaslu Pesisir Barat telah memanggil delapan partai politik tersebut.

Hal itu untuk diminta keterangan terkait adanya nama masyarakat yang masuk ke dalam keanggotaan partai di Sipol KPU tersebut.

Selain itu kata Kodrat, pihaknya juga sudah meminta keterangan dari masing-masing peserta yang namanya masuk ke dalam Sipol tersebut.

"Kita sudah melakukan pemanggilan terhadap masing-masing parpol tersebut dan meminta keterangan dari masing-masing peserta yang namanya masuk ke dalam sipol," ucapnya.

"Tujuan dari pemanggilan tersebut untuk benar-benar memastikan mengecek kembali apakah pelamar tersebut benar tercatut oleh parpol atau memang benar anggota partai," sambungnya.

Baca juga: Warga Antusias Amati Bulan dengan Teleskop Itera di Way Halim Bandar Lampung

Baca juga: Berita Lampung Terkini 1 Oktober 2022, 450 Prajurit TNI Yonif TWEJ Diberangkatkan ke Papua

Dari pihak yang kami undang untuk dimintai keterangan itu sebagian ada yang berhalangan hadir.

Sehingga Bawaslu Pesisir Barat akan memanggil ulang pada Senin 3 Oktober 2022 atau pekan mendatang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved