Tragedi Arema di Kanjuruhan

Presiden Jokowi Akan Robohkan Stadion Kanjuruhan Malang, 'FIFA Mengapresiasi'

Imbas tragedi Arema di Kanjuruhan, di depan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Presiden Jokowi akan robohkan Stadion Kanjuruhan, Malang.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Joko Widodo menerima cinderamata dari Presiden FIFA Gianni Infantino usai pertemuan tertutup di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Imbas tragedi Arema di Kanjuruhan, di depan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Presiden Jokowi akan robohkan Stadion Kanjuruhan, Malang. 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Imbas tragedi Arema di Kanjuruhan, di depan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi berencana merobohkan Stadion Kanjuruhan, Malang.

Diketahui, seusai tragedi Arema di Kanjuruhan, Presiden FIFA Gianni Infantino, mendatangi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino terjadi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino ke Indonesia itu imbas tragedi Arema di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 133 orang.

“Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kita runtuhkan,” kata Jokowi.

Usai dirobohkan, stadion tersebut kata Presiden akan dibangun ulang sesuai dengan standar FIFA yang menjamin aspek keselamatan penonton dan pemain.

Baca juga: Bharada E Menyesal Bunuh Brigadir J, Saya Tak Mampu Tolak Perintah Jenderal

Baca juga: Bertemu Jokowi, Presiden FIFA Gianni Infantino Bongkar Alasan Datang ke Indonesia

“Kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA sebagai sebuah contoh standar stadion dengan fasilitas-fasikitas yang baik, menjamin keselamatan penonton maupun yang pemain dan juga untuk suporter. Saya rasa itu,” kata Presiden.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Stadion Kanjuruhan yang dilakukan oleh Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan.

“Hasil evaluasi tim ada tujuh rekomendasi. Tiga di antaranya berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan, yang secara keseluruhan tujuh rekomendasi itu yang kita gunakan untuk kriteria terkait tugas dari Bapak Presiden untuk merehap dan merenovasi total Stadion Kanjuruhan ini,” ujar Menteri PUPR usai meninjau Stadion Kanjuruhan , Malang, Jawa Timur bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Kamis (13/10/2022).

Tujuh rekomendasi tersebut meliputi tangga tribun, pintu stadion, pintu darurat, penerangan, fasilitas toilet, pagar pembatas, dan perimeter bangunan utama.

“Pertama mengenai tangga tribun, terutama tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton."

"Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga yang elevasi terlalu curam. Ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun,” ujarnya.

Sementara empat rekomendasi lainnya terkait dengan penerangan, kamar kecil, perimeter bangunan utama stadion dengan area parkir dan pagar pembatas.

“Setelah ditetapkannya tujuh rekomendasi ini, Kementerian PUPR akan mendesain ulang Stadion Kanjuruhan untuk dilakukan rehab total sehingga lebih bermanfaat dan terhindar dari musibah serupa,” ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved