Berita Lampung

Sebanyak 830 Nelayan Pesawaran Lampung Terima Sertifikat Tanah

Pemkab Pesawaran serahkan sertifikat Hak atas Tanah Nelayan kepada masyarakat kawasan pesisir.

Penulis: Oky Indra Jaya | Editor: Tri Yulianto
Tribunlampung.co.id/Oky Indra Jaya
Pemerintah Kabupaten Pesawaran membagikan 170 sertifikat Hak atas Tanah Nelayan (Sehat-Nelayan) kepada Desa Sukarame dan Kampung Baru yang dilaksanakan di Desa Sukarame, Kecamatan Punduh Pedada. 

Tribunlampung.co.id, Pesawaran- Pemkab Pesawaran Lampung serahkan sertifikat Hak atas Tanah Nelayan kepada masyarakat kawasan pesisir, Kamis(24/11/2022).

Sertifikat tanah untuk masyarakat kawasan pesisir adalah pelaksanaan program Sertifikat Hak atas Tanah Nelayan (Sehat-Nelayan) tahun 2022 di Pesawaran Lampung.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Muhammad Aihusnuriski mengatakan, program Sehat-Nelayan merupakan bagian dari program kerjasama.

 Dimana ia katakan jika kerjasama tersebut terjalin dari lintas sektoral antaran Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemerintah Kabupten Pesawaran.

 Hal ini dilakukan dalam rangka legalisasi aset pelaku usaha mikro kecil.

“Teruntuk pelaku usaha perikanan khususnya nelayan yang ada di Kabupten Pesawaran” kata Nuriski di Desa Sukarame, Kecamatan Punduh Pedada.

Baca juga: Korban Begal Motor di Bandar Lampung Ditabrak dengan Mobil dan Diancam Pakai Celurit

Baca juga: Unila Gelar Rakernas WR II PTN se-Indonesia 2022 Bahas Kesejahteraan Dosen dan Guru Besar

Mengingat program tersebut juga memiliki tujuan dalam memberikan legalitas atau kepastian hukum atas tanah milik nelayan.

Sehingga dapat dimamfaatkan oleh para nelayaan sebagai akses permodalan pada lembaga keuangan.

“Di situ juga akan ada akses keuangan seperti bank maupun non-bank” ucapnya.

Dikatakannya jika program sertfikat Sehat-Nelayan ini telah dilaksanakan di Bumi Andan Jejama sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 ini.

Dimana sertifikat Sehat-Nelayan yang telah diterbitkan sebanyak 830 sertifikat tanah.

Kemudian, pada tahun ini, program ini sudah sebanyak 170 sertifikat tanah yang dialokasikan.

Di antaranya sebanyak 106 sertfikat di Desa Sukarame Kecamatan Punduh Pedada, dan 64 sertfikat di Desa Kampung Baru Kecamatan Marga Punduh.

Nuriski juga memamparkan jika Desa Sukarame dan Kampung Baru merupakan desa pesisir di Kabupaten Pesawaran yang memiliki potensi perikanan yang cukup besar.

Sehingga dengan adanya program ini menjadi harapan untuk dapat mendorong masyarakat profesi nelayan agar mengembangkan usaha di bidang perikanan.

“Perlu juga saya sampaikan kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat tanah untuk menggunakan sertifikatnya dengan baik dan benar” kata dia.

Baca juga: Pemkab Pesawaran Wakili Lampung di Penilaian Pengelolaan Keuangan tingkat Nasional

Baca juga: Petani di Pesawaran Lampung Rudapaksa Siswi dengan Modus Ilmu Hitam

“Manfaatkan sertifikat yang telah diberikan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir Kabupaten Pesawaran," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/Oky Indra Jaya)

 

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved