Bom di Bandung

Pelaku Bom di Bandung Ternyata Residivis Nusakambangan, Tinggal di Rumah 2 Lantai

Pantauan wartawan di lokasi, terduga pelaku bom di Bandung mendiami sebuah rumah berlantai dua dengan banyak tanaman hias berjejer.

TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menyampaikan kronologi kejadian ledakan bom di Polsek Astana Anyar Bandung, Rabu (7/12/2022). 

Tribunlampung.co.id, Bandung - Pelaku peledakan bom di Polsek Astana Anyar Kota Bandung diduga adalah Agus Sujatno. Data ini didapat setelah polisi mencocokan sidik jadi pelaku dengan sidik jari yang ditemukan di lokasi kejadian ledakan bom di Kota Bandung.

Rumah terduga pelaku bom di Polsek Astana Anyar, Bandung berada di Bandung, Jawa Barat.

Pantauan wartawan di lokasi, terduga pelaku mendiami sebuah rumah berlantai dua dengan banyak bunga-bunga berjejer di pagar rumahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, Agus Sujatno pernah terlibat aksi bom Cicendo Kota Bandung.

"Pelaku pernah ditangkap karena bom Cicendo, sempat dihukum 4 tahun di LP Nusakambangan. Pada Sepetember 2021 bebas," jelas Kapolri Jenderal Sigit Prabowo, dalam siaran live KompasTV di lokasi kejadian ledakan bom Polsek Astana Anyar Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: 10 Polisi Jadi Korban Bom di Polsek Astana Anyar Bandung, Satu Anggota Meninggal Dunia

Baca juga: DPRD Lampung Kutuk Bom Bandung, Dinilai Ganggu Kenyamanan Natal dan Tahun Baru

Dijelaskan, Agus Sujatno masuk kategori pelaku tindak teroris berat. Itu mengapa dia dihukum penjara di LP NUsakambangan.

Agus Sujatno masih sulit diajak bicara meskipun sudah bebas dari penjara.

"Agus sebelumnya diproses di LP Nusakambangan, artinya dalam tanda kutip masih merah. Sudah diajak bicara, menghindar," ujar Kapolri.

10 polisi jadi korban, satu meninggal dunia

Bom di Bandung yang diledakkan di Polsek Astana Anyar memakan korban 10 anggota polisi. Satu di antaranya, yakni Aiptu Sopyan meninggal dunia.

Kapolda Jabar Irjen Suntana mengungkap kronologi kejadian ledakan bom di Polsek Astana Anyar Bandung, Rabu (7/12/2022).

Menurutnya, saat kejadian pelaku berada di dalam dan memaksa untuk mendekati anggota polisi yang sedang apel, tapi ditahan oleh beberapa anggota agar tidak mendekati.

Tapi pelaku memaksa dan mengacungkan pisau lalu tiba-tiba terjadi ledakan.

Akibat ledakan itu, 11 orang menjadi korban, terdiri dari 10 orang anggota polisi dan satu warga sipil yang saat itu sedang melintas tak jauh dari Polsek Astana Anyar.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved