TribunLampung/

Pokdarwis Pantai Minang Rua Lepaskan Ratusan Tukik ke Laut

Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Pantai Minang Rua, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni, menggelar pelepasan anak penyu (tukik) ke laut.

Pokdarwis Pantai Minang Rua Lepaskan Ratusan Tukik ke Laut
tribunlampung/dedi sutomo
pelepasan tukik di Pantai Minang Rua 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BAKAUHENI - Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Pantai Minang Rua, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni, menggelar pelepasan anak penyu (tukik) ke laut.

Anak penyu yang dilepaskan merupakan hasil pelestarian dan penangkaran. Pantai Minang Rua sendiri jadi salah satu lokasi tempat penyu bertelur di Pesisir Lampung Selatan.

Menurut Ketua Pokdarwis Pantai Minang Rua, Eli, tukik yang dilepasliarkan berasal dari telur penyu yang ditemukan pada bulan Juni - Juli oleh Gusman, salah satu anggota Pokdarwis Pantai Minang Rua.

Telur penyu jenis belimbing itu, kemudian diamankan agar tidak diambil untuk dikonsumsi atau dijual. Telur lalu ditetaskan.

"Selama ini sering warga menemukan telur penyu. Biasanya sebagian diambil untuk dikonsumsi atau dijual. Kemarin telur penyu yang kita temukan kita amankan. Lalu ditangkar untuk bisa menetas lalu kita lepaskan kembali ke habitatnya," kata Eli dari Pokdarwis Pantai Minang Rua, Sabtu (7/10/2017).

Sayangnya, lanjutnya, saat ini pokdarwis belum memiliki kolam khusus untuk menangkarkan anak-anak penyu.

"Kemarin kita menemukan lebih dari 200 telur yang coba kita tangkar. Tapi kita mengalami kendala pada kolam khusus untuk tempat penangkaran anak penyu sebelum dilepasliarkan," tandasnya.

Tampak hadir dalam pelepasliaran anak penyu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Selatan Dwi Jatmiko dan Kasat Polairut Polres Lampung Selatan, Iptu Yaya Sudrajat. (*)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: teguh_prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help