PILGUB LAMPUNG 2018

SMRC Rilis Survei Pilgub Lampung, Siapa Tertinggi?

Sebesar 54 persen menyatakan politik uang tidak dapat diterima dan 46 persen menyatakan masih wajar.

SMRC Rilis Survei Pilgub Lampung, Siapa Tertinggi?
Tribun Lampung/Beni Yulianto
Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas memaparkan hasil survei popularitas dan elektabilitas cagub di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Minggu, 25 Maret 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Syaiful Muzani Research Center (SMRC) merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas empat pasang calon Pilgub Lampung 2018, Minggu, 25 Maret 2018.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas dalam paparannya menjelaskan, tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen, dengan margin of error plus minus 3,5 persen.

“Sampel dipilih secara acak dengan proporsional di delapan daerah pemilihan di Lampung, dengan memperhatikan profil demografi, gender, desa, kota, agama, dan etnis,” ungkap Sirojudin dalam pemaparan hasil survei SMRC di Hotel Emersia, Bandar Lampung.

Hasil penelitian tersebut, kata dia, para pemilih di Lampung cenderung menentukan pilihan mendekati hari H pencoblosan.

Baca: Modus Baru Transaksi Narkoba: Pakai Kurir Wanita

“Sekitar 72 persen menyatakan akan menentukan (pilihan) beberapa minggu sebelum pemilihan. Mayoritas masih menunda keputusan final sampai di TPS (tempat pemungutan suara). Secara umum, pemilih di Pilgub Lampung terbuka untuk dipengaruhi calon,” katanya.

Selain itu, mereka juga melakukan survei untuk tingkat toleransi politik uang. Sebesar 54 persen menyatakan politik uang tidak dapat diterima dan 46 persen menyatakan masih wajar.

“Wilayah yang punya toleransi tinggi untuk politik uang ada di zona 4, yakni Lambar, Tanggamus, dan Pesisir Barat. Disusul zona 2, yakni Lamsel, kemudian zona 5 dan 6,” ungkapnya.

Sementara terendah zona 8 di Lamtim, dengan tingkat toleransi mencapai 36 persen.

Halaman
12
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved