Jembatan Pesbar Kembali Putus, Pengendara Tujuan Bengkulu Diminta Lewat Jalur Ini

Jembatan Pekon Mandiri Jalan Lintas Barat Krui-Biha Pesisir Barat kembali terputus.

Jembatan Pesbar Kembali Putus, Pengendara Tujuan Bengkulu Diminta Lewat Jalur Ini
Tribun Lampung/Syamsir
Ilustrasi - Jembatan Lempuyangan Bandar, Terusan Nunyai, Lampung Tengah putus, Selasa (27/1/2015). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Curah hujan yang tinggi mulai dari kemarin Minggu 24 Juni 2018, membuat banjir di beberapa bagian wilayah Kabupaten Pesisir Barat banjir. Bahkan parahnya jembatan Pekon Mandiri Jalan Lintas Barat Krui-Biha Pesisir Barat kembali terputus.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pesisir Barat Henry Dunan membenarkan jika jalan Pekon Mandiri sementara tidak bisa dilalui karena debit air laut yang naik.

Baca: VIDEO - Pantai Batu Mandi Pesawaran Lampung, Destinasi Apik Mengisi Liburan

"Memang jembatan ballie kemarin itu masih tidak layak untuk dilewati meski sudah diperbaiki," ujarnya, Senin 25 Juni 2018.

Baca: Siaran Langsung Persija Vs Persebaya di Indosiar, Link Live Streaming Mulai Pukul 18.30 WIB

Masih kata dia, selain memanfaatkan jembatan ballie ternyata pihaknya juga mengunakan jembatan darurat yang dirancang melalui bawah jembatan ballie.

"Tapi karena air naik maka, jembatan darurat yang dibawah rusak, dan jembatan ballie agak dipaksakan ternyata tidak kuat menahan beban kendaraan dan miring lagi," tukasnya.

Meski demikian, Henry mengaku pengerjaan jembatan permanen akan segera dilakukan mengingat tender sudah selesai.

"Kalau untuk solusi belum karena ini alam, mungkin kami kuras air saja sementara waktu, tapi yang jelas pengerjaan jembatan permanen akan segera dilaksanakan, alat berat akan diturunkan minggu depan," katanya.

Untuk sementara, lanjutnya, masyarakat diminta yang hendak ke bengkulu dari Bandar Lampung bisa melintas di jalur tengah.

"Lewat Kota Bumi dan Liwa, begitu juga dari Bengkulu ke Bandar Lampung untuk tidak lewat jalur pesisir barat selama xurah hujan tinggi, dan diharapkan lewat jalur tengah," tutupnya.

Sementara itu Plt Kasat Pol PP Kabupaten Pesisir Barat Cahyadi Moeis mengatakan banjir saat ini sudah surut hingga ketinggian 0,75 meter.

"Memang ada empat kampung yang terendam, tapi terparah jembatan sampai terputus," tutupnya.

Penulis: hanif mustafa
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help