Tribun Tanggamus

Belum Rekam e-KTP, 10 Warga Tanggamus Melapor ke Disdukcapil karena Data Diblokir

Sebanyak 10 warga Tanggamus mengaku telah menjadi "korban" sanksi pemblokiran data kependudukan.

Belum Rekam e-KTP, 10 Warga Tanggamus Melapor ke Disdukcapil karena Data Diblokir
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Perekaman e-KTP di Pekon Ngarip, Kecamatan Ulu Belu, Tanggamus, Kamis, 27 Desember 2018. Sebanyak 10 warga Tanggamus mengaku terkena sanksi pemblokiran data kependudukan. 

Belum Rekam e-KTP, 10 Warga Tanggamus Melapor ke Disdukcapil karena Data Diblokir

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Sebanyak 10 warga Tanggamus mengaku telah menjadi "korban" sanksi pemblokiran data kependudukan. 

Kadisdukcapil Tanggamus Syarif Husin menuturkan, Ditjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri serius memberlakukan sanksi pemblokiran data kependudukan bagi masyarakat usia 23 tahun ke atas yang belum melakukan perekaman e-KTP sampai akhir 2018.

Belum Perekaman e-KTP, Data Puluhan Ribu Warga Pesawaran Akan Diblokir

27 Desember 2018, Disdukcapil Jemput Bola Rekam e-KTP Serentak

"Sanksi itu ternyata diterapkan dan sudah berjalan. Kami sudah menerima sekitar 10 orang yang lapor untuk minta perekaman karena datanya dibekukan," ujar Syarif Husin, Minggu, 6 Januari 2019.

Ia mengaku, pihak disdukcapil baru tahu jika sanksi itu diterapkan saat ada masyarakat melapor minta perekaman dengan alasan nomor induk kependudukan (NIK) dinyatakan tidak valid saat mengurus berkas. 

"Berhubungan sudah melapor, maka kami layani dan lapor ke pusat. Setelah itu, orangnya perekaman akhirnya bisa lagi," terang Syarif. 

Bagi masyarakat, ia mengimbau agar melapor ke Disdukcapil Tanggamus jika NIK-nya dinyatakan tidak aktif atau tidak berlaku. 

Syarif mengaku, dengan cara seperti ini, pemerintah pusat langsung menerapkan sanksi demi mencapai target perekaman e-KTP. (*) 

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved