Kembangkan Potensi Pariwisata, TNWK Dirikan Desa Ekowisata

Humas TNWK Sukatmoko mengatakan, salah satu sasaran pengembangan adalah desa ekowisata, sebagai destinasi wisata sekunder di Way Kambas.

Kembangkan Potensi Pariwisata, TNWK Dirikan Desa Ekowisata
BARRY KUSUMA
Taman Nasional Way Kambas. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, SUKADANA - Setelah ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) ke-4 di Indonesia atau ke-36 di Asia Tenggara, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata.

Humas TNWK Sukatmoko mengatakan, salah satu sasaran pengembangan adalah desa ekowisata, sebagai destinasi wisata sekunder di Way Kambas.

Harapannya, hal itu bisa meningkatkan minat wisatawan lokal maupun internasional.

Saat ini, menurut Sukatmoko, TNWK bersama organisasi nonpemerintah telah berhasil membina empat desa.

"Itu ada Desa Labuhan Ratu VI, VII, IX, dan Desa Brajasari. Intinya, kami ingin masyarakat di sekitar kawasan TNWK ini, juga merasakan manfaat ekonomis dari keberadaan taman nasional," tukasnya melalui WhatsApp, Rabu (7/9/2016).

Pesona yang ditawarkan keempat desa ekowisata tersebut, di antaranya aneka kerajian lokal buatan tangan; kuliner; budaya lokal, seperti tari dan reog; hingga rumah singgah bagi pengunjung yang ingin bermalam.

"Memang, yang jadi masalah adalah warga belum bisa mandiri. Itu makanya, kami bersama NGO. Butuh kesabaran memang. Harapan kami ke depan, masyarakat bisa berjalan sendiri. Bahkan, menemukan inovasi-inovasi baru," imbuhnya.

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved