Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Jasa Penyeberangan Pekon Banjar Sari-Pekon Sudimoro Ada Sejak 1930-an

Jasa penyeberangan sungai Way Semaka antara Pekon Banjar Sari Kecamatan Wonosobo dan Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka Tanggamus

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Jasa penyeberangan sungai Way Semaka antara Pekon Banjar Sari Kecamatan Wonosobo dan Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka Tanggamus selalu ramai.

"Kalau sehari ada sekitar 150 kali bolak-balik," ujar Warsono, salah satu pemilik jasa penyeberangan sekaligus pekerjanya, Kamis 12 April 2018.

Baca: Penanganan Konflik Sosial Pilkada, Kodim) 0424 Latihan Posko I

Ia menambahkan jasa penyeberangan di sini sudah ada sejak tahun 1930an silam. Orangtua serta para sesepuh terus melestarikan jasa penyeberangan tersebut karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca: VIDEO: Merasa Kesepian, Nenek Ini Sering Menangis di Malam Hari

"Kalau cerita orang-orang tua, sejak Banjar Sari ada, rakit di sini ada juga. Saya saja sudah entah keturunan ke berapa," tambah pria yang sudah menggeleti jasa ini sejak tahun 1987 ini.

Perahu ini bisa mengangkut sepeda motor dan mobil sejenis pikap atau minibus. Mulai beroperasi 6.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB, namun jika ada pesanan bisa pukul 24.00 WIB.

Ia mengaku,  pengoperasian perahu tersebut memanfaakan arus sungai agar bisa berlayar. Ini merupakan inovasi sebab dulunya hanya mengandalkan tenaga manusia dengan cara ditarik.

"Kalau orang-orang dulu pakai tali ditarik. Terus sekarang karena perkembangan pikiran bisa gunakan arus sungai biar perahu jalan," terang Warsono.

Perahu didesain dengan gabungan dua perahu. Gabungan keduanya diberi penghubung sebagai deck perahu sekaligus untuk memunculkan daya dorong perahu.

Setiap berlayar diusahakan agar perahu selalu menyerong ke arah tujuan agar daya dorong muncul.

Dengan hanya manfaatkan arus sungai dan bertumpu pada tali sling baja, daya angkut perahunya bisa sampai tiga ton. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved