Mulai 1 Juli Nanti PT KAI Tanjung Karang Terapkan Tarif Parsial untuk Kereta Ekonomi. Lebih Murah!

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang mulai tanggal 1 Juli 2018 akan menerapkan tarif parsial untuk kereta kelas ekonomi Rajabasa.

Mulai 1 Juli Nanti PT KAI Tanjung Karang Terapkan Tarif Parsial untuk Kereta Ekonomi. Lebih Murah!
Tribunlampung.co.id/Okta Kusuma Jatha
stasiun tanjungkarang 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang mulai tanggal 1 Juli 2018 akan menerapkan tarif parsial untuk kereta kelas ekonomi Rajabasa.

Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Franoto Wibowo mengatakan, penerapan tarif parsial ini sesuai dengan peraturan menteri perhubungan Nomor 31 tahun 2018 tentang Perubahan Permenhub Nomor: 113 tahun 2017 tetnang tarif angkutan orang dengan kereta api pelayanan kelas ekonomi untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik (PSO).

Baca: Pria Ramah Itu Diciduk Tim Densus 88 di Rejosari, karena Diduga Terkait Jaringan Paham Radikalisme

“Pemberlakukan tarif parsial ini merupakan bentuk penyesuaian terhadap jarak tempuh KA. Dimana sebelumnya para penumpang diharuskan membayar tarif yang flat,” kata Franton dalam rilis yang diterima Tribun, Senin (25/6/2018).

Dengan akan mulai diterapkannya tarif parsial ini, lanjutnya, maka untuk tarif penumpang KA Rajabasa rute Tanjung Karang – Kretapati Palembang untuk jarak 0-291 kilometer dikenakan tarif Rp 29.000 perorang.

Baca: Awas Ketiduran! Laga Piala Dunia Rusia 2018: Spanyol vs Maroko. Kick Off Jam 01.00 WIB di TransTv

Sedangkan untuk jarak lebih dari 291 kilometer, dikenakan tarif Rp 32.000 perorang.

“Sebagai contoh untuk KA Rajabasa stasiun Tanjungkarang ke stasiun Martapura yang sebelum 1 Juli berlaku tarif Rp 32.000 perorang, mulai 1 juli nanti tarifnya menjadi Rp 29.000. Karena jaraknya kurang dari 291 kilometer,” terang Franoto.

Baca: Inilah Video Detik-detik Gunung Anak Krakatau (GAK) Erupsi. Seorang Pengunjung Sempat Berfoto!

Menurut dirinya, penyesuaian tarif ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat untuk bepergian dengan menggunakan KA ekonomi bersubsidi dengan pelayanan yang sama, tanpa ada yang dikurangi.

Bagi penumpang yang telah membeli tiket dengan harga awal sebelum penyesuaian (lebih tinggi), bisa mengambil selisih bea di stasiun tujuan penumpang dengan menunjukan boarding pasa atau e-boarding dan kartu identitas diri yang asli kepada petugas loket.

Batas waktunya 3 hari setelah kedatangan. (*)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: teguh_prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved