Tribun Lampung Utara

Tahun Ini Kabupaten Lampung Utara Tidak Dapat Alokasi RTLH

Di tahun 2019 ini untuk program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) belum dapat realisasi dari Pemerintah Pusat.

Tahun Ini Kabupaten Lampung Utara Tidak Dapat Alokasi RTLH
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Ilustrasi - Juminah di rumah geribiknya. Tahun Ini Kabupaten Lampung Utara Tidak Dapat Alokasi RTLH 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih terus melakukan berbagai upaya.

Tetapi di tahun 2019 ini untuk program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) belum dapat realisasi dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial Lampung Utara, M. Erwinsyah untuk mendorong peningkatan di segala bidang untuk masyarakat di Kabupaten Lampung Utara pihaknya telah berupaya mengajukan usulan, untuk program RTLH, namun dipastikan untuk tahun 2019 ini belum mendapatkan bantuan tersebut.

"Kita sudah mengusulkan, khusus untuk program RTLH kepada pemerintah pusat. Tapi tahun ini kita tidak dapat. Karena program itu dibagi secara bergilir," katanya, Jumat (17/5/2019).

Prakiraan Cuaca BMKG Lampung Jumat 17 Mei 2019

Meski demikian, lanjutnya, walau pun program RTLH tidak mendapatkan realisasi melalui dinas yang dia pimpin, tapi program lain yang diajukan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) masih mendapatkan alokasi bantuannya.

Ia menjelaskan program RTLH itu berada di Dinas Sosial namun tidak ada untuk Kabupaten Lampung Utara di tahun ini. tetapi untuk program BSPS melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman kita masih mendapatkan alokasinya.

Para Napi Keluar Lapas Narkotika Langkat Seusai Rusuh, Pedagang Satai Masuk Lapas Agar Jualan Laris

Untuk program RTLH, dia menjelaskan itu berupa dana cash yang di kelola oleh kelompok. Sedangkan program BSPS bantuan berupa dana tapi sudah dibelikan material bangunan yang diberikan langsung kepada masyarakat.

Dijelaskannya, pada tahun 2018 lalu, di Kabupaten Lampung Utara mendapatkan alokasi bantuan program RTLH sebanyak 80 unit yang terbagi di 2 Kecamatan, untuk masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kotabumi Kota yang mendapatkan itu sebanyak 50 unit dan 30 unitnya di masyarakat di Kecamatan Kotabumi Selatan.

"Tahun lalu, di Lampung Utara mendapatkan 80 unit, tapi tahun 2019 kita tidak mendapatkan bantuan program itu lagi. Karena bantuan itu dibagi secara bergilir ke Kabupaten yang belum pernah mendapatkan program RTLH," ujar Dia.

Sedangkan untuk bantuan yang serupa dalam peningkatan tempat tinggal tersebut yang dikelola oleh DPKP, dirinya tidak bisa menjelaskan karena ranahnya sudah lain pimpinan OPD.

"Jelasnya bisa dikonfirmasikan dengan mereka (DPKP)," pungkasnya. (ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved