Tribun Way Kanan

Bupati Way Kanan Grebeg Sampah dan Kantong Plastik di Pasar Blambangan Umpu

Pemerintah kabupaten Waykanan Gelar Grebeg Sampah dan Grebeg Kantong Belanja Plastik, di Pasar KM 02 Blambangan Umpu, Jumat 28 Juni 2019

Bupati Way Kanan Grebeg Sampah dan Kantong Plastik di Pasar Blambangan Umpu
Tribunlampung.co.id/Anung
Pemerintah kabupaten Waykanan Gelar Grebeg Sampah dan Grebeg Kantong Belanja Plastik, di Pasar KM 02 Blambangan Umpu, Jumat 28 Juni 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BLAMBANGAN UMPU - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup, pemerintah kabupaten Waykanan Gelar Grebeg Sampah dan Grebeg Kantong Belanja Plastik, di Pasar KM 02 Blambangan Umpu, Jumat 28 Juni 2019

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya dirinya berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan bekerjasama dalam mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai mewujudkan Kabupaten Way Kanan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya, dirinya menerangkan ada beberapa bahaya khusus sampah plastik, pertama Memicu perubahan iklim mulai dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi, sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Kemudian menyebabkan tersumbatnya selokan, termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem di sungai dan laut.

Ia juga mengatakan Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.

"Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian," katanya.

Melalui hari lingkungan hidup, diharapkan kita dapat ‎mereduksi sampah plastik dengan menerapkan metode reuse.

Kantong plastik yang didapatkan dari pasar atau toko swalayan sebaiknya tidak langsung dibuang dan dapat digunakan kemudian hari.

Selain itu dapat membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi makanan yang kemasannya dalam bentuk plastik; Bawa selalu tas kanvas ke mana pun pergi sehingga tidak perlu lagi membungkus belanjaan dengan kantong plastik.

Kegiatan Grebeg Sampah dan Grebeg Kantong Plastik pada hari ini, merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk memotivasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Disamping itu, juga sebagai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah serta Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sampah serta mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 berkomitmen untuk melakukan Pengurangan Sampah Rumah Tangga dan sampah Sejenis Rumah Tangga sebesar 20 %, Target Penanganan Sampah sebesar 80 %, seperti yang tertuang dalam Kebijakan dan Strategi Kabupaten Way Kanan dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved