Tribun Bandar Lampung

Soal Potensi Erick Thohir Jadi Menteri Kabinet Jokowi, Ini Pandangan 3 Akademisi Lampung

Beberapa nama telah mencuat sebagai calon menteri setelah Joko Widodo memenangkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Soal Potensi Erick Thohir Jadi Menteri Kabinet Jokowi, Ini Pandangan 3 Akademisi Lampung
Kompas.com/Moh Nadlir
Erick Thohir menjadi ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Beberapa nama telah mencuat sebagai calon menteri setelah Joko Widodo memenangkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Satu di antaranya Erick Thohir yang merupakan keturunan Lampung.

Selain Erick Thohir yang menjabat ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, empat menteri petahana yang ada keterikatan dengan Lampung juga berpotensi menjabat lagi sebagai pembantu presiden.

Keempatnya adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung Hertanto, PhD, menilai Erick Thohir berpeluang duduk di kabinet Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024.

"Erick Thohir berpeluang dan menjanjikan. Dari sisi pihak Jokowi, dia berhasil sebagai ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf," kata Hertanto kepada Tribun Lampung, Sabtu (6/7/2019).

https://lampung.tribunnews.com/2018/09/08/jejak-erick-thohir-di-lampung-tengah-dari-keluarga-miskin-teddy-thohir-hingga-menjelma-konglomerat

Selain sukses sebagai ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, menurut Hertanto, Erick Thohir teruji ketika terbilang berhasil memimpin pelaksanaan Asian Games 2018. Saat itu, ia menjabat ketua Panitia Pelaksana Asian Games.

"Keberhasilan Erick Thohir saat Asian Games 2018 cukup fenomenal. Itu juga cukup berpengaruh bagi Jokowi menjelang pilpres kemarin," ujar Hertanto.

Selain soal kapasitas, Hertanto menilai peluang Erick Thohir cukup besar lantaran Jokowi telah menyatakan ingin memprioritaskan kaum muda di jajaran kabinetnya.

"Dalam pertanyaan terakhir Jokowi, dia ingin kaum muda jadi prioritas. Erick Thohir dalam hal ini masuk kelompok kaum muda," kata doktor bidang politik lulusan Universitas Kebangsaan Malaysia ini.

Halaman
123
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved