Tribun Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Akan Buat Perbup Penanganan Penyakit TB Paru dan HIV

Wacana tentang payung hukum untuk penanganan penyakit tubercolosisi (TB Paru) dan HIV (human Immunodificiency virus), kini menemukan secercah harapan.

Pemkab Lamsel Akan Buat Perbup Penanganan Penyakit TB Paru dan HIV
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Ilustrasi - TB Care Aisiyah Lampung Selatan mengadakan diskusi TB paru, Selasa, 23 Oktober 2018. 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Wacana tentang payung hukum untuk penanganan penyakit tubercolosisi (TB Paru) dan HIV (human Immunodificiency virus), kini menemukan secercah harapan.

Pasca bertemuanya pengurus Aisiyah Lampung Selatan bersama tim TB Care dengan plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto beberapa waktu lalu, pemerintah daerah melalui dinas kesehatan segera akan menyusun payung hukum dalam bentuk peraturan bupati (perbup).

Kabid Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Kristi Endarwati mengatakan untuk perbup tentang penanganan penyakit TB Paru dan HIV ini rencananya akan diajukan pada tahun 2019 ini.

“Kita akan ajukan perbupnya pada tahun ini. Ini sesuai dengan arahan dari pimpinan,” kata dia kepada tribun, Rabu (10/7).

Kristi mengatakan jika mengusulkan peraturan daerah (Perda), untuk pengusulkan program tahun 2020 sudah dimasukan. Karena untuk penyusunan program sudah melalui e-planning.

Karena untuk perda, ada tahapan seperti kajian dan penyusunan naskah akademik. Serta ada proses pembahasan bersama dengan DPRD. Sedangkan untuk perbup bisa lebih cepat prosesnya.

“Usulan program 2020 sudah masuk dengan sistem e planning. Sudah tidak mungkin dirubah. Kecuali nanti kita lihat, kalau memang masih memungkinkan untuk menambah usulkan, akan kita usulkan untuk perda penanganan penyakit TB paru danb HIV,” ujarnya.

Menurutnya, tetapi terkait dengan usulkan adanya perda khusus untuk penanganan TB paru dan HIV ini tetap akan menjadi wacana pihaknya untuk usulkan program pada tahun-tahun mendatang.

Sementara itu Rudi Hartono dari TB Care Aisiyah Lampung Selatan menyambut baik rencana segera dibuatnya perbup tentang penanganan penyakit TB paru dan HIV oleh pemerintah kabupaten Lampung Selatan.

Adanya payung hukum perbup nantinya akan memberikan dasar yang kuat untuk dinas kesehatan melakukan program-program penanganan yang lebih konperhanship. Apalagi kasus TB paru di Lampung Selatan cukup tinggi. Begitu juga dengan HIV juga terus ditemukan adanya kasus baru.

Nekat! Begal Ini Tabrak Mobil Polisi Lalu Hunuskan Badik. Akhirnya Tersungkur Setelah Kaki Tertembak

“Kita tentu menyambut baik rencana ini. Dan kita berharap perbup ini benar-benar bisa direalisasikan pada tahun 2019 ini,” kata dia.

Rudi mengatakan, TB Care Aisiyah sudah 2 tahun mengusulkan perlu adanya perda khusus tentang penanganan TB paru dan HIV. Bahkan TB care Aisiyah sempat mengusulkan ke DPRD agar menjadi usulkan ranperda inisiatif dewan. Tetapi usulkan ini tidak mendapatkan respon dari DPRD Lampung Selatan.

“Namun selama 2 tahun ini usulkan kita tidak mendapatkan respon dari DPRD. Meski pun kita sudah pernah audensi dan bahkan dalam beberapa kegiatan tentant TB Care yang kita gelar, juga mengundang anggota DPRD,” ujarnya.

(Tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved