Tribun Lampung Selatan

Investor Asal Taiwan Tertarik Kembangkan Tanaman Kedelai di Lampung Selatan, Ini Lokasi yang Dipilih

Investor asal Taiwan tertarik mengembangan kedelai di kabupaten Lampung Selatan..

Investor Asal Taiwan Tertarik Kembangkan Tanaman Kedelai di Lampung Selatan, Ini Lokasi yang Dipilih
Kontan/Cheppy A Muchlis
Kacang kedelai - Investor Asal Taiwan Tertarik Kembangkan Tanaman Kedelai di Lampung Selatan 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Investor asal Taiwan tertarik mengembangan kedelai di kabupaten Lampung Selatan. Pihak investor asal Taiwan ini ingin mengembangkan kawasan budidaya tanaman kedelai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Selatan, Wahidin Amin mengatakan investor asal Taiwan ini tertarik mengembangan budidaya kedelai dengan luas mencapai 5.000 hektar. Untuk lokasinya ada di kawasan register 40 Gedong Wani kecamatan Jati Agung.

“Kemarin memang investor asal Taiwan melakukan silaturahmi dengan bapak plt bupati. Mereka tertarik untuk berinvestasi pada sektor pertanian, khususnya tanaman kedelai,” kata dia kepada tribun, kamis (11/7).

Menurut Wahidin Amin, dipilihnya kawasan register 40 Gedong Wani yang kini telah ada beberapa desa itu juga sudah melalui kajian mereka. Selama ini menurut pihak dinas pertanian, kondisi tanah di Lampung Selatan kurang cocok untuk budidaya kedelai.

Karena dalam pengembangan yang dilakukan petani melalui program selama ini kurang berhasil. Mengingat tingkat keasaman tanah yang cukup tinggi, sehingga dinilai kurang cocok untuk tanaman kedelai.

Rubino Kehilangan Istri, Saat Ditemukan Ternyata Tewas di Dalam Sumur

“Tetapi mereka sudah melakukan kajian. Hasilnya kondisi tanah di register 40 Gedong Wani masih bisa. Mereka akan membawa tekologi khusus untuk pengembangan budidaya nantinya,” terang Wahidin.

Seperti diketahui kedatangan investor asal Taiwan bersilaturahmi dengan plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, kemarin ditemani oleh ketua DPP HKTI DKI Jakarta Budi Sumardiyo. Kehadiran investor asal Taiwan ini dalam upaya menjajaki untuk investasi pada sektor pertanian bidang tanaman kedelai.

BERITA FOTO - Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calhaj Asal Bandar Lampung

“Kedatangan kami untuk bersilaturahmi dengan bapak bupati. Disamping itu juga menjajaki kerjasama untuk bisa berinvestasi dalam bidang pertanian. Karena memang kita HKTI DKI diberi tugas oleh ketua umum HKTI bapak Moeldoko untuk bisa mengundang investor,” terang Budi Sumardiyo.

Dirinya menambahkan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Brebes. Dimana pemkab Brebes memberikan lahan 500 hektar yang dikembangkan tanaman cabai dengan teknologi dari Cina yang bisa memberikan hasil 5 kali lebih banyak.

Plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto pun menyambut baik ketertarikan investor asal Taiwan untuk menanamkan investasinya pada sektor pertanian. Karena, ujarnya, selain bisa menyediakan lapangan pekerjaan, juga akan memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Tentu kita menyambut baik rencana ini. Terkait dengan perizinan dan keamanan, kita juga siap memfasilitasi. Kita berharap masuknya investasi ini bisa membawa perubahan positif pada pembangunan daerah,” tandasnya.

(Tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved