Ibadah Haji 2019

Diskes Imbau Calhaj Banyak Minum Air Putih Agar Tidak Dehidrasi

Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pringsewu diimbau banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi selama berada di tanah suci.

Diskes Imbau Calhaj Banyak Minum Air Putih Agar Tidak Dehidrasi
TribunStyle.com Kolase
Ilustrasi Air Mineral Kemasan - Diskes Imbau Calhaj Banyak Minum Air Putih Agar Tidak Dehidrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pringsewu diimbau banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi selama berada di tanah suci.

Mengingat cuaca di Arab Saudi sangat terik, suhu panasnya berkisar 45 derajat celcius hingga 50 derajat celcius.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Purhadi meminta supaya CJH jangan telat minum air putih. Tidakhanya itu, menurut Purhadi, biasanya para CJH dibagi penyemprot wajah yang berisi air.

"Setiap saat muka harus disemprot supaya tidak kering, kalau kering bisa dihidrasi," ungkap Purhadi, Jumat (12/7/2019).

Purhadi mengatakan, kalau CJH berada di tempat terbuka supaya tidak lupa menggunakan pelindung kepala. Serta mengenakan kacamata agar tidak silau.

Dilanjutkan Purhadi, biasanya para CJH dianjurkan membawa lap yang mirip kanebo besar. Lap tersebut nantinya diberi air yang kemudian diletakkan di atas kepala.

Diduga Karena Korsleting Listrik, Ponpes Ushuludin Penengahan Terbakar

Lap basah tersebut bisa menjadi kering terjemur diteriknya matahari. Purhadi mengatakan, sebetulnya CJH tidak perlu khawatir dengan panas terik yang mencapai 50 derajat celcius tersebut.

Terpenting, lanjut dia, CJH melaksanakan imbauan tersebut supaya tidak dehidrasi. "Terpenting jangan sampai telat minum air mineral, kemudian ditambah dengan vitamin c," ungkap Purhadi.

Ia menuturkan, kalaupun panasnya terlalu terik, meskipun tidak beraktifitas kerja, bisa kehabisan cairan tubuh. Sebab, cairan tubuh keluar terus melalui keringat. Sedangkan dehidrasi itu sendiri, lanjut dia, obatnya dengan diinfus.

Purhadi menuturkan, selama berhaji para CJH akan didampingi tim kesehatan. Sehingga tim tersebut lah yang akan menjaga kondisi kesehatan para CJH selama melaksanakan ibadah.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved