Tribun Tulangbawang

Akan Ada Overpass di Tol Lampung Kecamatan Lambu Kibang

Disepakati usulan penambahan crossing road berupa overpass pada STA 65+750 dan JPO pada STA 64+200 Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang

Akan Ada Overpass di Tol Lampung Kecamatan Lambu Kibang
Tribun Lampung/Endra Zulkarnain
Di sinilah overpass Tol STA 65 Lambu Kibang akan dibangun. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) mengakomodasi usulan pembangunan overpass STA 65 dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) STA 64 Tol Trans Sumatera Lambu Kibang di ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung.

Perwakilan Masyarakat Tiyuh Kibang Trijaya, Kecamatan Lambu Kibang, Edi Setiawan mengatakan, berdasarkan rapat 15 Juli lalu telah disepakati usulan penambahan crossing road berupa overpass pada STA 65+750 dan JPO pada STA 64+200 Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang.

"Kemudian, usulan penambahan bangunan perintasan berupa overpass dan JPO tersebut, pembangunannya akan dilaksanakan PT Jasamarga Japek Selatan (PT JJS) sebagai dukungan pemerintah pada pembangunan jalan tol Terbanggi Besar Pematang Panggang-Kayu Agung dengan Badan Usaha Jalan Tol PT Hutama Karya (PT HK)," jelasnya, Minggu (21/7/2019).

Bangunan perlintasan dimaksud adalah guna mengakomodasi jalan akses perkebunan yang telah dilalui oleh trase jalan tol.

Rapat itu sendiri melibatkan Sekretariat BPJT, unsur Subdit Pelaksanaan dan Pengendalian Jalan Bebas Hambatan Kayu Agung Ditjen Bina Marga, PPK Pengadaan Jalan Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang, unsur Badan Usana Jalan Tol PT Hutama Karya (PT HK), dan PT Jasamarga Japek Selatan (PT JJS)

Edi berharap perusahaan kontraktor maupun pihak terkait dapat segera merealisasikan keputusan Kementerian PUPR melalui BPJT tersebut.

Overpass Tol STA 65 Lambu Kibang Tunggu Keputusan Pusat

Cita-cita Ibu dan Putrinya yang Tak Kesampaian hingga Ajal Menjemput di Tol Lampung

"Lebih cepat lebih baik, supaya para petani dapat mengeluarkan hasil bumi yang mereka hasilkan dengan maksimal dan tanpa ada halangan," tandasnya.

Lintasi Tol untuk Menyeberang

Sebelumnya Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengusulkan pembangunan overpass jalan tol STA 65 Lambu Kibang.

Pembangunan overpass diusulkan lantaran padatnya mobilisasi warga yang melintasi dan menyeberang tol STA 65.

Setiap harinya, mayoritas petani di sekitar STA 65 Lambu Kibang Tulangbawang Barat (Tubaba), yang mencakup wilayah Kecamatan Lambu Kibang dan Way Kenanga, serta Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulangbawang masih melintasi jalan tol untuk menyeberang.

Warga sekitar STA 65 dan STA 64 Lambu Kibang merasa kesulitan untuk mengeluarkan hasil bumi lantaran terhalang Jalan Tol Trans Sumatera.

"Masih lewat jalan tol, itu kan dipinggir jalan tol masih ditimbun untuk lewat," kata seorang warga.

Jika dibiarkan, kondisi ini membahayakan lantaran warga menyeberang jalan tol yang nantinya dipadati kendaraan.

Irfan Kurniawan, pegawai teknik pengembangan PT Waskita Karya, beberapa waktu lalu mengakui, pembangunan overpass di STA 65 dan jembatan penyeberangan orang (JPO) di STA 64 sejak lama sudah diusulkan masyarakat pada Maret lalu. (Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnaen)  

Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved