Tribun Bandar Lampung

Ada 22 Titik Panas di Lampung, Polda Akan Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan Sesuai Intruksi Kapolri

Polda Lampung akan menangani persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di 22 titik panas yang ada di Provinsi Lampung.

Ada 22 Titik Panas di Lampung, Polda Akan Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan Sesuai Intruksi Kapolri
Tribunlampung.co.id/Hanif Mustafa
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyadmenyebut Polda Lampung akan menangani persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di 22 titik panas yang ada di Provinsi Lampung. 

Laporan Reporter Tribunlampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Polisi Daerah (Polda) Lampung akan menangani persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di 22 titik yang ada di Provinsi Lampung sesuai instruksi Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Pencegahan dan penanggulangan sudah selayaknya menjadi komitmen bersama agar tidak ada lagi persoalan-persoalan Karhutla.

Hal ini diungkapkan Humas Polda Lampung Kombes Pol Pandra Aryad saat dihubungi Tribun via seluler, Sabtu (24/8/2019).

Empat Kekacauan di Bumi yang Tak Kita Sadari, Pantauan Udara Citara Satelit Kebakaran di Amazon

Menurutnya, jika Karhutla terjadi dikarenakan adanya niat, terutama membakar dengan niat membuka lahan, maka akan dilakukan langkah-langkah soft approach dan hard opproach.

"Tindakan ini sesuai dengan instruksi bapak Kapolri langsung," ungkapnya.

Ia menjelaskan, soft opproach merupakan tindakan pemberdayaan terhadap potensi-potensi masyarakat dengan cara bersinergi dengan seluruh tokoh masyarakat agar dapat melakukan pencegahan.

"Dari mulai RT, RW, tokoh pemuda, para pemangku kepentingan untuk melakukan pendekatan bahwa membuka lahan dengan membakar itu tidak baik," jelas Pandra.

Sementara hard opproach, lanjut Pandra, merupakan upaya penindakan dengan penyidikan tindak pidana tentang UUD Lingkungan Hidup.

Kemudian, ia mengatakan, proses dalam melakukan upaya-upaya pencegahan maupun penindakan saat ini menjadi kewenangan Kapolres setempat.

"Tentunya sekarang ini apabila terjadi kebakaran lahan secepatnya untuk melakukan pemadaman. Dan melakukan penyelidikan yanh diserahkan kepada para kapolres," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved